Kandungan Gizi Daun Kelor Ternyata Baik untuk Burung Murai Batu, Ini 7 Manfaatnya

Kandungan Gizi Daun Kelor Ternyata Baik untuk Burung Murai Batu, Ini 7 Manfaatnya

Manfat daun kelor untuk murai batu-istimewa-tangkapan layar youtube ocehan burung

RASELNEWS.COM - Siapa yang tahu manfaat daun kelor untuk burung murai batu? Mungkin Anda kurang familiar dengan daun kecil tersebut karena jarang ada yang memberikan daun kelor kepada burung murai batu.

Padahal, daun kelor memiliki kandungan vitamin C yang lebih tinggi dari buah jeruk. Di lansir kanal youtube majalah lovebird, Dekan Fakultas Ekonomi dan Manajemen Institut Pertanian Bogor (IPB), Yusman Saufakat menegaskan, manfaat daun kelor sangat banyak.

BACA JUGA:Gasak Murai Batu dan Udang, Dua Warga Diamankan

Vitamin C di daun kelor tujuh kali lebih banyak daripada buah jeruk, vitamin A lebih banyak daripada wortel, kadar kalsium empat kali lipat lebih banyak daripada susu, kandungan kalium tiga kali lebih banyak daripada pisang, dan proteinnya dua kali lebih banyak daripada telur.

Hal-hal ini disebutkan oleh Yusman Saufakat, dan dibenarkan oleh Dewan Guru Besar IPB, Evi Damayanti.

Sekarang, apa manfaat daun kelor untuk murai batu? Perlu Anda ketahui bahwa yang membutuhkan vitamin C bukan hanya manusia, tapi juga burung.

Vitamin C bisa membuat tubuh menjadi bugar dan metabolisme lancar. Berikut adalah beberapa manfaat daun kelor untuk murai batu:

BACA JUGA:Burung Murka, Anakan Murai Batu X Burung Kacer, Begini bentuk dan Cara perawatanya

1. Menjaga Kekebalan Burung
2. Membuat Tubuh Burung Bugar
3. Melancarkan Sistem Metabolisme
4. Meningkatkan Hormon Testosteron Alami
5. Mencegah Burung Mudah Sakit
6. Mempercepat Burung Bunyi
7. Membuat Murai Batu Rajin Bunyi

Cara Memberikan Daun Kelor ke Murai Batu:

1. Direbus

BACA JUGA:9 Jenis Burung Murai Batu yang Jadi Incaran Kicau Mania, Semua Asli Indonesia, Ada dari Lampung

Daun kelor bisa dicuci bersih terlebih dahulu, lalu ambil daun kelor dan masukkan ke dalam 200 ml air. Rebus air daun kelor selama 20 menit, saring saripati daun kelor dan tambahkan satu sachet Madu Rasa.

Tunggu hingga dingin, kemudian berikan 5 ml sebagai minuman harian burung murai batu.

2. Digantung di Dinding Sangkar

Anda bisa menggantung beberapa tangkai daun kelor di dalam sangkar. Pilih daun kelor yang segar agar burung terpikat untuk memakannya. Awalnya, burung mungkin hanya akan memainkan daun tersebut, namun lama-kelamaan burung murai batu akan mulai memakannya.

BACA JUGA:5 Tips Merawat Burung Murai Batu Bagi Pemula Agar Sukses dan Menghasilkan Cuan

3. Dijadikan Makanan Jangkrik

Daun kelor dapat dijadikan makanan untuk jangkrik, kemudian jangkrik tersebut diberikan kepada burung murai batu. Makanan jangkrik sebenarnya bisa bervariasi, tapi jangkrik lebih suka daun-daunan, salah satunya daun kelor.

Demikian manfaat daun kelor untuk murai batu. Walaupun ukurannya kecil, ternyata kandungannya lebih besar dari buah-buahan.

Daun kelor bisa menjadi alternatif sayuran untuk murai batu Anda. Jangan hanya memberikan pakan biasa untuk burung murai batu. (and)

Sumber: