Tips Menggunakan Tea Tree Oil atau Minyak Pohon Teh untuk Mengatasi Jerawat

Tips Menggunakan Tea Tree Oil atau Minyak Pohon Teh untuk Mengatasi Jerawat

Tips Menggunakan Tea Tree Oil atau Minyak Pohon Teh untuk Mengatasi Jerawat -istimewa-freepik.com

RASELNEWS.COM - Tea tree oil, atau minyak pohon teh, sering digunakan sebagai obat herbal tradisional, terutama untuk menghilangkan jerawat dan noda bekas jerawat.

Menurut Cleveland Clinic, penelitian menunjukkan bahwa tea tree oil memiliki efek yang lebih ringan dalam mengatasi jerawat dibandingkan dengan benzoil peroksida.

Meskipun tea tree oil dan benzoil peroksida sama-sama efektif dalam mengatasi jerawat, penelitian kecil menemukan bahwa minyak pohon teh tidak menyebabkan efek samping yang merugikan pada kulit.

BACA JUGA:9 Cara Mudah dan Tepat Mencegah Timbulnya Jerawat di Wajah

Berikut adalah beberapa tips untuk memanfaatkan tea tree oil dalam menghilangkan jerawat.

1. Mencairkan sebelum mengaplikasikan pada kulit

Tea tree oil atau minyak pohon teh sering digunakan sebagai obat herbal tradisional untuk menghilangkan jerawat dan bekasnya.

Menurut Cleveland Clinic, meskipun penelitian menunjukkan tea tree oil memberikan dampak yang lebih ringan dalam mengatasi jerawat dibandingkan dengan benzoil peroksida, keduanya tetap efektif.

BACA JUGA:Manfaat dan Cara Pakai Kuning Telur Ayam untuk Perawatan Wajah, Jerawat Hilang Muka Makin Glowing

Namun, penggunaan tea tree oil dalam keadaan murni bisa menyebabkan iritasi pada kulit seperti melepuh, ruam, dan kering.

Oleh karena itu, penting untuk mencairkan tea tree oil dengan menggunakan 2 tetes tea tree oil dan 12 tetes minyak pembawa seperti minyak kelapa, jojoba, atau argan sebelum mengaplikasikannya pada kulit.

Jika Anda menginginkan formula yang lebih ringan, Anda dapat menambahkan witch hazel seperti toner. Atau, Anda dapat menggunakan produk perawatan kulit yang sudah mengandung tea tree oil untuk membantu mengatasi jerawat.

BACA JUGA:Cara Menghilangkan Bekas Bopeng Jerawat Secara Alami, Solusi Wajah Bersih dan Glowing

2. Melakukan uji coba kecil terlebih dahulu

Respon kulit terhadap produk perawatan kulit sangat bervariasi dari satu individu ke individu lainnya.

Simon Hodes, MB. ChB., seorang dokter keluarga, merekomendasikan untuk melakukan uji coba pada bagian kecil kulit, seperti di sisi kanan atau kiri wajah, sebelum mengaplikasikan produk secara menyeluruh.

Hal ini penting untuk memastikan bahwa produk tidak menimbulkan reaksi buruk pada kulit Anda.

BACA JUGA:Cara Pakai Madu untuk Masker Wajah, Rahasia Kulit Bersih dan Bebas Jerawat

3. Selalu menggunakan pelembap

Tea tree oil digunakan untuk mengobati dan mencegah jerawat. Untuk pengobatan, aplikasikan tea tree oil yang telah dicampurkan dengan minyak pembawa menggunakan kapas setelah membersihkan dan mengeringkan kulit dengan lembut menggunakan handuk.

4. Penggunaan harian

Untuk hasil yang optimal, gunakan tea tree oil untuk jerawat sekali atau dua kali sehari. Ingatlah bahwa perbaikan kulit mungkin memerlukan waktu hingga 12 minggu.

Konsistensi dalam penggunaan adalah kunci untuk melihat hasil yang baik. Jika setelah 12 minggu tidak ada perbaikan yang signifikan, konsultasikan dengan dokter kulit Anda.

Sumber: