Dikbud: Prasarana Sekolah di Bengkulu Selatan Masih Memprihatinkan! Air Sumur Kurang, Toilet Rusak

Dikbud: Prasarana Sekolah di Bengkulu Selatan Masih Memprihatinkan! Air Sumur Kurang, Toilet Rusak

ilustrasi toilet sekolah rusak-istimewa-

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Sarana dan prasarana di sekolah pastinya menjadi salah satu faktor penting dalam menciptakan lingkungan belajar yang sehat dan nyaman bagi siswa.

Namun, di Kabupaten BENGKULU SELATAN, masih banyak sekolah yang kondisi prasarananya memprihatinkan. Mulai dari air yang kurang, toilet yang rusak, hingga sanitasi lingkungan yang buruk.

BACA JUGA:Beasiswa Unggulan Kemdikbud Dibuka, Ketahui Cara Buat Akun Beasiswa Unggulan 2024

Kasi Sarpras Bidang SD Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan, Wiwit Ikhsan mengakui, kondisi ini sering dikeluhkan oleh para wali siswa.

"Melihat hal ini, kami dorong bagian perencanaan untuk diusulkan pembangunan tahun depan melalui suatu instrument isian yang kami berikan ke sekolah-sekolah," ujar Wiwit.

Menurutnya, Dinas Dikbud selalu merespons kritikan yang muncul. Pihak sekolah setidaknya lebih proaktif dalam menanggapi keluhan wali murid itu sendiri.

BACA JUGA: Kapan Seleksi PPPK Guru 2024 di Bengkulu Selatan Digelar? Ini Kata Kepala Dinas Dikbud

Disdikbud akan menyebarkan instrumen isian terkait sarana dan prasarana yang dibutuhkan ke sekolah-sekolah yang wajib diisi demi kemajuan dan peningkatan kualitas sekolah.

"Silahkan sekolah isi dengan baik dan sesuai fakta di lapangan. Selain itu, sertakan juga data pendukung seperti foto maupun video. Untuk pelaksanaannya, kami rasa sudah dimulai pada awal semester ganjil mendatang," pungkas Wiwit.

BACA JUGA:Ingat, Usia Minimal Calon Siswa Kelas 1 SD Bukan 6 Tahun, Ini Menurut Mendikbud Nadiem Makarim

Langkah ini diharapkan dapat menjadi solusi untuk mengatasi masalah prasaran yang kurang memadi misalnya air yang kurang hingga toilet yang rusak di sekolah-sekolah Bengkulu Selatan, sehingga menciptakan lingkungan belajar yang lebih sehat dan nyaman bagi siswa. (cw1)

Sumber: