Duhhh, Bansos Pemegang KKS Kategori Ini Tak Bisa Cair, Ini Sebabnya

Duhhh, Bansos Pemegang KKS Kategori Ini Tak Bisa Cair, Ini Sebabnya

Pemegang KKS Begini Tak Masuk Saldo Bansos Lagi! Tidak Bisa Cair Juli agustus dan selanjutnya! -Istimewa-IST, Dokomen

RASELNEWS.COM - Jenis kartu KKS berikut tidak dapat lagi mencairkan saldo bantuan baik PKH maupun BPNT, termasuk bantuan PKH dan BPNT untuk Juli dan Agustus serta pencairan selanjutnya.

Dari informasi, telah ada penjelasan dari pegawai bank yang menangani bansos mengenai permasalahan KKS yang tidak bisa mencairkan bansos. Lantas apa sebabnya?

BACA JUGA:Info Terbaru! Bansos BPNT untuk 20 Kabupaten/Kota, Saldo PKH BPNT Susulan Periode Juli - Agustus

Sesuai dengan informasi yang didapatkan dari petugas bank yang menangani Bansos penyaluran PKH dan BPNT, ada beberapa kartu KKS kategori tertentu tidak bisa digunakan untuk pencairan PKH dan BPNT, termasuk pada pencairan yang akan datang.

Scara garis besar ada 2 faktor kartu KKS tidak lagi bisa digunakan untuk pencairan bantuan sosial. Pertama faktor fisik dan faktor non fisik di kartu KKS.

Informasi dari petugas bank mengenai faktor fisik kartu KKS yang tidak lagi bisa digunakan pencairan baik sifatnya sementara maupun secara permanen:

BACA JUGA:Penerima KIP 2024 Tersenyum! Ada Kenaikan dan Pencairan KIP 3 Kali Setahun Plus Bansos BLT Pelajar 4 Kali

1. Kartu KKS tipe lama yang tidak memiliki fitur ATM dan bukan merupakan kartu ATM.

KKS lama digunakan untuk pengenal sebagai peserta penerima bansos. Jadi, intinya kartu KKS lama tidak memiliki fitur ATM atau bukan merupakan uang elektronik dan tidak bisa digunakan untuk penarikan uang tunai di ATM maupun di agen bank.

 

Berbeda dengan KKS atau Kartu Keluarga Sejahtera yang sekarang. Kartu multifungsi yang dapat digunakan sebagai alat pembayaran elektronik, termasuk penarikan tunai di ATM karena kartu KKS berfungsi sama dengan jenis kartu debit ATM pada umumnya.

Sehingga pada pengaplikasiannya juga tentunya sama sebagai kartu yang digunakan agar nasabah dapat melakukan transaksi keuangan di mesin ATM.

BACA JUGA: Yesss...5 Bansos Disalurkan Mulai Hari Ini, Silakan Cek untuk Kebutuhan Sekolah

2. Tidak bisa digunakan untuk pencairan bantuan sosial bila tidak mencukupi untuk penarikan saldo di ATM.

Yang bisa ditarik adalah pecahan Rp100.000 dan Rp50.000. Jadi jika ada sisa saldo yang tidak memiliki nominal Rp50.000 atau Rp100.000, maka saldo tidak dapat ditarik.

3. Batas maksimal harian tercapai.

Setiap bank memiliki standar batas penarikan harian di mesin ATM. Jika sudah melebihi batas jumlah penarikan, maka penarikan baru bisa dilakukan keesokan harinya.

4. Kesalahan dalam memencet PIN.

Kesalahan memasukkan PIN tiga kali menyebabkan kartu KKS terblokir. Ini umum terjadi pada pengguna kartu KKS yang tidak hafal nomor PIN-nya, terutama yang tidak pernah mengganti PIN dan hanya mengandalkan PIN asli yang tertera dalam amplop KKS yang rawan buram atau hilang.

BACA JUGA:Pencairan Bansos BPNT dan PKH Periode Juli 2024 Lebih Cepat, Begini Cara Mengeceknya

Sumber: