Perut Buncit? Waspadai Penyakit Mengerikan Ini

Perut Buncit? Waspadai Penyakit Mengerikan Ini

Perut Buncit? Waspadai Penyakit Mengerikan Ini!-Istimewa-IST, Dokomen

RASELNEWS.COM - Perut buncit yang ditandai dengan lingkar pinggang yang melebihi batas normal bukan hanya masalah penampilan, tetapi juga indikator masalah kesehatan yang serius.

Meskipun kita mungkin sudah terbiasa melihat orang-orang dengan perut buncit, sebenarnya kondisi ini sangat tidak sehat.

Berikut ini fakta-fakta kesehatan tentang perut buncit.

Perut buncit atau obesitas sentral terjadi akibat penumpukan lemak di bagian perut.

BACA JUGA:Apa Itu Hipertensi? Kenali Gejala dan Cara Terhindar dari Tekanan Darah Tinggi

Ini adalah salah satu tanda bahwa berat badan berlebih.

Ada dua jenis lemak yang menumpuk di dalam tubuh yaitu lemak subkutan, yang berada di bawah kulit dan dapat terlihat dengan mencubit bagian kulit, dan lemak viseral, yang tidak terlihat karena berada di sekitar organ dalam tubuh.

Penumpukan lemak ini biasanya terjadi karena kurang olahraga, konsumsi makanan tinggi lemak, gula, dan kalori setiap hari, serta konsumsi alkohol.

BACA JUGA:Riset Terbaru: Makan Pizza Seminggu Sekali Bisa Ringankan Gejala Rematik! Benarkah?

Selain lemak, perut buncit juga bisa disebabkan oleh kondisi medis yang mendasari, seperti penumpukan cairan, gas, atau kotoran, contohnya pada penyakit dispepsia atau GERD, asites akibat sirosis, dan hisprongd disis.

penyakit miom juga bisa menyebabkan perut terlihat buncit karena jaringan tumor yang tumbuh di dalam uterus.

Meskipun tidak selalu fatal, lemak berlebih di dalam perut bisa meningkatkan risiko diabetes, hipertensi, penyakit jantung, dan stroke, sehingga harus segera diatasi.

BACA JUGA:Kenali Tanda dan Gejala Kanker, Berikut Jenis, Penyebabnya, Pencegahannya

Ada juga kondisi perut buncit yang lebih berbahaya dan harus segera ditangani, seperti retensi urin yang menyebabkan pembengkakan di area perut bagian bawah, atau obstruksi usus yang bisa mengakibatkan peritonitis.

Penanganan perut buncit harus disesuaikan dengan penyebabnya.

Jika disebabkan oleh obesitas sentral, dokter akan menyarankan cara-cara sehat untuk menurunkan berat badan agar mencapai berat badan ideal.

Beberapa cara yang dapat digunakan untuk menurunkan berat badan adalah:

Sumber: