Mau Investasi Emas? Nih 4 Tips Membeli Perhiasan Emas agar Tidak Rugi

Mau Investasi Emas? Nih 4 Tips Membeli Perhiasan Emas agar Tidak Rugi

Mau Investasi Emas? Nih 4 Tips Membeli Perhiasan Emas agar Tidak Rugi--raselnews.com

RASELNEWS.COM - Emas adalah logam mulia yang tidak hanya berfungsi sebagai aksesori cantik, tetapi juga bisa menjadi sarana investasi, baik dalam bentuk perhiasan maupun Emas batangan.

Namun, sangat penting untuk memastikan bahwa perhiasan emas yang Anda beli berkualitas tinggi dan asli. Berikut ini beberapa tips yang dapat membantu Anda dalam memilih perhiasan emas dengan bijak.

BACA JUGA:Perhiasan Anda Kusam? Ini 7 Cara Cepat Mencuci Emas Agar Kembali Berkilau

BACA JUGA:Virald di FB! Wanita Berhijab Terekam CCTV Mencuri Perhiasan di Toko Emas Bengkulu Selatan, Begini Modusnya

Tips Membeli Perhiasan Emas

Membeli perhiasan emas membutuhkan pertimbangan yang cermat agar Anda mendapatkan produk yang sesuai dengan nilai uang dan keindahannya. Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda ikuti:

1. Ketahui Harga Emas Saat Ini

Harga emas berubah-ubah setiap hari. Sebaiknya, belilah emas saat harganya sedang turun. Anda bisa mengecek harga emas terbaru di situs-situs seperti logammulia.com, pegadaian.co.id, atau harga-emas.com.

BACA JUGA:Bukan Hanya Emas dan HP, Laptop Juga Bisa Digadaikan di Pegadaian, Catat Cara dan Syaratnya

BACA JUGA:Bukan Pamer! Ini 8 Cara Memakai Gelang Emas dengan Benar Agar Tampil Berkelas

Ingat, harga perhiasan emas terdiri dari harga emas per gram ditambah ongkos pembuatan, yang biasanya dapat dinegosiasikan.

2. Pilih Toko Emas yang Terpercaya

Meskipun harga emas dari PT. Antam di situs logammulia.com sering menjadi acuan nasional, setiap toko emas masih memiliki kebebasan dalam menentukan harga jualnya.

Ini karena harga emas di Indonesia belum distandarisasi. Oleh karena itu, pastikan Anda membeli dari toko emas yang memiliki reputasi baik dan dapat dipercaya.

BACA JUGA:Arti Kode Huruf pada Perhiasan Emas yang Belum Banyak Diketahui

BACA JUGA:Mengapa Harga Emas Lebih Mahal Dibanding Tembaga, Baja, Aluminium? Berikut Sejarah dan Alasannya

3. Perhatikan Kondisi Perhiasan Emas

Sebelum membeli, periksa dengan teliti kondisi perhiasan emas yang Anda inginkan. Pastikan tidak ada cacat seperti goresan atau bagian yang hilang.

Untuk gelang atau kalung, pilihlah yang menggunakan kunci berbentuk S, karena lebih tahan lama dibandingkan kunci tekan.

Perhatikan juga apakah ada noda hijau pada perhiasan yang menandakan bahan kimia belum dibersihkan dengan baik. Noda ini bisa menyebabkan alergi pada sebagian orang.

BACA JUGA:5 Tempat Rekomendasi Jual Emas Antam dengan Harga Beli Tinggi, Bikin Anda Tersenyum

BACA JUGA:Mau Jual Beli Emas Saat Harga Naik? Ketahui Dulu 3 Hal Ini, Nomor 3 Wajib Dipahami

Kondisi emas ini penting untuk diperiksa karena akan memengaruhi harga jualnya nanti. Jika Anda punya kenalan yang ahli dalam menilai emas, ajaklah mereka untuk memberikan pendapat.

Selain kondisi, pilihlah model perhiasan yang tetap menarik dan tidak cepat usang oleh tren. Ini akan memudahkan Anda jika ingin menjualnya di masa depan.

Menurut standar internasional, berikut adalah kadar kemurnian emas:

1. Emas 24 karat: 99.99% emas murni;

Sumber: