Mesin Tanpa Piston Lebih Cepat dari 2 Tak, Cuma Diproduksi 25 Uunit, Yamaha R1 Kalah Jauh

Mesin Tanpa Piston Lebih Cepat dari 2 Tak, Cuma Diproduksi 25 Uunit, Yamaha R1 Kalah Jauh

Mesin Tanpa Piston Lebih Cepat dari 2 Tak! Yamaha R1 Kalah Jauh!-Istimewa-IST, Dokomen

BACA JUGA:Wow! ALVA Hadirkan 3 Motor Listrik Terbaru di GIIAS 2024, Harga Cuma 11,5 Juta

Brian Cractton adalah salah satu pionir penggunaan mesin rotari Twin Rotor pada sepeda motor balap.

Pada akhir 1980-an, saat bekerja sebagai teknisi di Norton, ia mengembangkan mesin Norton Commander berkapasitas 588 cc yang mampu menghasilkan tenaga sebesar 140 tenaga kuda.

Kemudian, ia bekerja sama dengan Rotron Power untuk menciptakan CR700W, yang menghasilkan mesin rotari dengan daya tertinggi di dunia pada saat itu.

BACA JUGA:Lowongan Kerja Internal Audit Auditor PT Astra Honda Motor (AHM) Juli 2024, Gaji Capai 8 Juta per Bulan

BACA JUGA:Target Capaian Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) di Bengkulu Selatan Naik, Segini Nilainya

Dengan mesin dual rotor 690 cc, Cractton CR700W mampu menghasilkan 220 tenaga kuda pada 10.500 RPM, dengan torsi sebesar 142 Nm pada 9.500 RPM.

Sebagai perbandingan, Yamaha R1 dengan mesin 998 cc hanya menghasilkan 200 PS dan torsi 112,4 Nm.
Rasio tenaga-ke-berat dari CR700W ini setara dengan mesin MotoGP.

Ada banyak keuntungan menggunakan mesin rotari.

BACA JUGA:Bisa Buat Beli Motor, Ternyata Segini Biaya Pajak Mobil Mercedes-Benz, Minat?

BACA JUGA:Motor Bebek Yamaha Exciter 155 VVA Seger Meluncur di Indonesia, Ini Jadwalnya

Pertama, dimensinya sangat kompak dengan jumlah komponen yang lebih sedikit dibandingkan mesin piston konvensional.

Mesin CR700W hanya terdiri dari tiga bagian yang bergerak.

Berat total mesin ini, termasuk gearbox 6-percepatan, hanya 43 kg.

Seluruh mesin terbuat dari paduan aluminium LM24 dengan lapisan molibdenum dan nikasil untuk mengurangi gesekan dan meningkatkan daya tahan.

BACA JUGA:Baju Gamis Nyangkut di Gear Motor, Emak-emak di Bengkulu Selatan Terseret 3 Meter

BACA JUGA:Cara Cepat, Mudah dan Murah Menghilangkan Noda Retak di Kaca Speedometer Motor, GRATIS

Bagian rotornya, yang sering menjadi kelemahan mesin rotari, menggunakan material keramik silicon nitride yang sangat keras dan memiliki tingkat keausan yang mendekati nol.

Dikombinasikan dengan rangka dari Spondon, spesialis frame asal Inggris, dan penggunaan bahan karbon Velx Racton Dimax, berat keseluruhan motor ini hanya 129 kg sangat ringan untuk mesin dengan kapasitas sebesar itu.

Selain spesifikasi yang mumpuni, motor ini juga dilengkapi dengan komponen kelas atas, seperti kaliper rem dari Brembo, ban Michelin, dan suspensi dari Ohlins atau Bitubo.

Sumber: