Syarat dan Cara Daftar Beasiswa S1 NUS Singapura 2025, Ada Tunjangan Hidup Rp 68 Juta per Tahun

Syarat dan Cara Daftar Beasiswa S1 NUS Singapura 2025, Ada Tunjangan Hidup Rp 68 Juta per Tahun

Syarat dan Cara Daftar Beasiswa S1 NUS Singapura 2025, Ada Tunjangan Hidup Rp 68 Juta per Tahun-istimewa-

RASELNEWS.COM - Berikut ini syarat dan cara daftar untuk mendapatkan beasiswa S1 di National University of Singapore (NUS) tahun 2025?

Sebagai salah satu universitas terkemuka di dunia, NUS tidak hanya dikenal sebagai yang terbaik di Asia Tenggara tetapi juga masuk dalam jajaran universitas global teratas.

Berdasarkan QS World University Rankings (WUR) 2025, NUS menduduki peringkat ke-8 dunia, mengungguli banyak universitas di negara maju. Hal ini menjadikan NUS semakin diminati oleh mahasiswa dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

BACA JUGA:Kabar Baik! 17 Program Beasiswa Luar Negeri Dibuka untuk Jenjang S1-S3 hingga Januari 2025

Sebagai universitas yang mengedepankan pengembangan akademik, penelitian, dan inovasi, NUS menawarkan kurikulum fleksibel yang memungkinkan mahasiswa mengeksplorasi berbagai disiplin ilmu.

Dengan sistem pembelajaran modular, mahasiswa dapat menyesuaikan studi sesuai minat pribadi dan tujuan karier, baik dengan mempercepat studi melalui tambahan mata kuliah atau menyeimbangkan beban studi dengan kegiatan lain seperti magang atau penelitian.

Namun, biaya pendidikan di NUS yang mencapai sekitar Rp 207,8 juta per tahun bisa menjadi tantangan bagi mahasiswa internasional, terutama dari negara berkembang seperti Indonesia.

BACA JUGA:Kesempatan Emas! Daftar Beasiswa yang Tersedia di Bulan Oktober 2024, Per Semester Dapat Jutaan

Untuk mengatasi hal ini, NUS menawarkan ASEAN Undergraduate Scholarship, yang dirancang khusus untuk mahasiswa dari negara-negara anggota ASEAN, kecuali Singapura.

Beasiswa S1 di NUS mencakup berbagai kebutuhan mahasiswa selama masa studi, sehingga memungkinkan mereka untuk fokus pada akademik tanpa terbebani biaya. Berikut cakupannya:

1. Biaya Pendidikan

Beasiswa ini menanggung biaya kuliah setelah subsidi hibah pendidikan dari pemerintah Singapura, mengurangi beban finansial bagi mahasiswa.

BACA JUGA:Jangan Ketinggalan! Kominfo Buka Program Beasiswa S2 Dalam Negeri Kelas Khusus 2024, Syarat Mudah

2. Biaya Hidup

Tunjangan biaya hidup sebesar Rp 68 juta per tahun diberikan kepada penerima beasiswa untuk kebutuhan sehari-hari, seperti makanan dan transportasi.

3. Tunjangan Komputer

Tunjangan satu kali sebesar Rp 20 juta untuk pembelian komputer guna mendukung pembelajaran, terutama di era digital.

4. Akomodasi

Biaya akomodasi ditanggung dengan tunjangan Rp 35 juta per tahun, memungkinkan mahasiswa tinggal di lingkungan yang mendukung, dekat dengan kampus NUS.

BACA JUGA:Baznas RI Sediakan Beasiswa Cendekia Rusia 2024, Begini Syarat dan Cara Daftar

Beasiswa ini tidak hanya memberikan bantuan finansial tetapi juga merupakan pengakuan atas potensi akademik dan kepemimpinan mahasiswa ASEAN.

Selain prestasi akademik, calon penerima beasiswa diharapkan memiliki pengalaman di berbagai kegiatan ekstrakurikuler dan menunjukkan kemampuan kepemimpinan.

Syarat dan Cara Daftar

Untuk mendaftar, calon mahasiswa harus memenuhi syarat berikut:

1. Terbuka bagi mahasiswa dari negara-negara ASEAN, kecuali Singapura.

BACA JUGA:BURUAN Daftar! Kemenpora Sediakan Beasiswa untuk Insan Olahraga Berprestasi, Catat Syarat dan Cara Daftarnya

Sumber: