Pemprov Bengkulu Optimalkan Investasi di Sektor Kelautan

Pemprov Bengkulu Optimalkan Investasi di Sektor Kelautan

Sekda Provinsi Bengkulu-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu akan mengoptimalkan investasi di sektor kelautan dan perikanan di daerah ini.

Upaya ini dilakukan dengan  merampungkan Dokumen Rencana Zonasi Wilayah Pesisir dan Pulau-pulau Kecil (RZWP3K).

Dokumen ini akan membantu para investor dalam mendapatkan data awal atas lokasi investasi secara akurat dan meminimalir adanya permasalahan di kemudian hari.

Sekretaris Daerah (Sekda) Provinsi Bengkulu Hamka Sabri mengatakan, dengan dirampungkannya dokumen RZWP3K tersebut, akan semakin memudahkan pelayanan investasi sektor kelautan dan perikanan.

"Yang pertama dilihat investor dalam menanamkan investasinya adalah tta ruang wilayah. Tujuannya agar tidak  menimbulkan permasalahan kedepannya," kata Sekda, sesuai rapat terkait RZWP3K, Kamis (3/11).

BACA JUGA:Realisasi Investasi Bengkulu Rp6.1 Triliun

Sekda mencontohkan, investor yang ingin mengembangkan peternakan atau ingin melakukan pemberdayaan sumber daya laut, maka pedomannya melalui tata ruang.  Dokumen ini, katanya, telah dilaksanakan konsultasi publik dengan melibatkan langsung sejumlah pihak seperti masyarakat. Sehingga nantinya terdapat keterpaduan dan setelah diterapkan dapat dipahami secara bersama - sama.

"Dokumen ini telah disempurnakan dan semua usulan masyarakat telah diakomodir," kata Hamka.

Sementara itu Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Provinsi Bengkulu Syafriandi, mengatakan, bahwa Pemprov berkomitmen mengoptimalkan pelayanan investasi di sektor kelautan dan perikanan serta wilayah pesisir dan pulau kecil yang ada di Bengkulu seperti Pulau Enggano. Pihaknya menjamin memberikan karpet merah kepada investor yang serius berinvestasi.

"Karpet merah kami siapkan bagi para investor. Jangan ragu berinvestasi kami siap melayani kebutuhan dokumen perizinan, salah satunya dokumen RZWP3K ini," pungkasnya. (cia)

Sumber: sekda provinsi bengkulu