Gaji Pensiun Tidak Cukup! 15 Bisnis Sampingan Ini Cocok Hari Tua Anda, Tidak Perlu Modal Besar

Kamis 15-08-2024,10:29 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Berikut ini ada beberapa bisnis samping yang cocok untuk Anda yang sudah memasuki masa pensiun.

Memiliki bisnis sampingan dapat membantu Anda menghadapi tantangan finansial di hari tua mengingat gaji pensiun yang mungkin tidak lagi memadai.

Bisnis sampingan ini cukup ideal untuk pensiunan karena yang tidak memerlukan banyak waktu dan tenaga. Berikut adalah 15 bisnis atau usaha hari tua yang bisa dikerjakan secara sampingan dan layak dipertimbangkan:

BACA JUGA:Mau Buka Usaha Saat Pensiun? Ini Dia 10 Ide Bisnis Rumahan Bagi Pensiunan Baik di Desa Maupun di Kota

BACA JUGA:Sudah Pensiun dari Perusahaan Swasta? Inilah 3 Hal yang Bisa Kamu Dapatkan

1. Franchise (Bisnis Waralaba)

Bisnis waralaba adalah pilihan yang tepat untuk pensiunan. Sistem waralaba umumnya tidak memerlukan waktu dan tenaga yang banyak, karena operasional sehari-hari biasanya ditangani oleh pegawai.

Modal awal bisa bervariasi, dan jenis bisnis ini seringkali berfokus pada makanan cepat saji seperti burger, pizza, atau minuman coklat. Bisnis ini sangat populer karena keuntungan yang menarik dan kemudahan operasionalnya.

2. Toko Kelontong

Membuka toko kelontong atau toko kebutuhan sehari-hari adalah opsi yang cocok untuk pensiunan. Bisnis ini relatif mudah dijalankan dan memiliki risiko yang rendah.

BACA JUGA:6 Ide Usaha di Teras Rumah, Modal Kecil, Cocok untuk Ibu Rumah Tangga

BACA JUGA:5 Ide Usaha Modal Kecil dengan Keuntungan Menjanjikan dan Jangka Panjang

Anda bisa memulai dengan menjual sembako dan kemudian secara bertahap mengembangkan toko dengan menambah variasi barang yang dijual.

3. Tempat Kos-Kosan

Bisnis kos-kosan juga merupakan pilihan yang baik untuk pensiunan. Bisnis ini tidak terlalu berat dan dapat dijalankan bersamaan dengan bisnis lain, seperti toko kelontong.

Memerlukan modal besar untuk pembangunan kamar, namun prospeknya sangat bagus, terutama jika lokasinya dekat dengan sekolah atau kampus.

BACA JUGA:3 Peluang Usaha di Desa Tahun 2024 Potensi Untung Puluhan Juta per Bulan, Ini Dia Ide Bisnisnya

BACA JUGA:Pelaku Usaha di Bengkulu Selatan Diwajibkan Sampaikan LKPM! Apa itu LKPM?

4. Jualan Pulsa

Memulai bisnis jualan pulsa bisa dilakukan dengan modal sesuai kemampuan. Jika belum memiliki modal besar, Anda bisa memulainya dengan menjual pulsa lewat handphone dari rumah.

Dengan modal yang lebih besar, Anda bisa membuka counter pulsa lengkap dengan aksesoris handphone dan barang lainnya.

5. Sarana Transportasi

Bisnis di sektor transportasi, seperti jasa antar jemput anak sekolah, penyewaan mobil, motor, atau sepeda, adalah pilihan yang menjanjikan. Bisnis ini dapat dioperasikan dari rumah dan sering kali sangat dibutuhkan oleh masyarakat.

BACA JUGA:Potensi Ikan di Bengkulu Selatan Dilirik Pengusaha Jepang

BACA JUGA:5 Peluang Usaha yang Tidak Ada Matinya, Omzet Bisa Capai Ratusan Juta per Bulan

6. Menulis Blog atau Buku

Jika Anda suka menulis, memulai blog atau menulis buku bisa menjadi bisnis sampingan yang menarik. Anda bisa mendapatkan penghasilan dari iklan di blog atau penjualan buku.

Kategori :