Gondongan atau Bengkak di Pipi Adalah Penyakit Menular! Ini Penyebab dan Cara Mengobatinya

Sabtu 21-09-2024,20:20 WIB
Reporter : Andri Irawan 01
Editor : Andri Irawan 01

Istirahat sangat penting untuk meningkatkan sistem imun dan mempercepat penyembuhan. Hindari keluar rumah atau aktivitas yang berat, karena bisa memperlambat proses penyembuhan dan meningkatkan risiko menularkan virus ke orang lain.

BACA JUGA:Fakta Unik Daun Gatal, Tanaman Asli Papua yang Bisa Meredakan Demam dan Menyembuhkan Luka

BACA JUGA:Daun Capau Tumbuhan Herbal Kaya Manfaat, Salah Satunya Bisa Menurunkan Demam, Ini Cara Penggunaannya

3. Pilih Makanan yang Tepat

Konsumsilah makanan yang lunak dan mudah ditelan seperti bubur atau sup, untuk mengurangi nyeri saat mengunyah. Hindari makanan asam, karena bisa merangsang produksi air liur yang memperparah bengkak.

4. Kompres Area yang Bengkak

Untuk mengurangi nyeri dan peradangan, teman-teman bisa mengompres area yang bengkak dengan air dingin. Hindari memijat atau mengurut bagian yang bengkak karena bisa memperparah kondisi.

5. Jangan Minum Antibiotik

Seperti yang sudah dijelaskan, gondongan disebabkan oleh virus, jadi tidak ada gunanya minum antibiotik. Jika merasa perlu, bisa minum obat penurun demam atau anti nyeri yang dijual bebas di apotek.

BACA JUGA:Kembang Favorit Nyi Roro Kidul Ini Ternyata Bermanfaat untuk Kesehatan, Salah Satunya Meredakan Demam

BACA JUGA:15 Manfaat Daun Afrika: Meningkatkan Kesuburan, Meredakan Demam hingga Mengatasi Jerawat

Jika setelah mengikuti tips ini kondisi tidak membaik dalam 2-3 hari, sebaiknya segera konsultasikan ke dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Demikian cara mudah mengatasi gondongan. Semoga informasi ini bermanfaat, dan bagi yang sedang sakit, semoga cepat sembuh. (**)

Kategori :