Motor MAK Produksi Yogyakarta Ini Sempat Eksis, Desain Mirip Honda Supra X, Harga Rp 9 Jutaan

Sabtu 19-10-2024,17:19 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Sepeda Motor merek MAK mungkin sangat asing di Indonesia. Padahal kisaran tahun 2010-an, motor lokal buatan Kalasan, Yogyakarta ini yang disebut-sebut sebagai motor nasional.

Namun sekarang, motor MAK sulit ditemukan, hilang bak ditelan bumi. MAK merupakan singkatan "Motor Andalan Kita." Motor ini diproduksi oleh PT Mega Andalan Motor Industri (PT MAMI) di Yogyakarta.

PT MAMI meluncurkan 2 model motor bebek, yaitu MAK Vipros 100 dengan kapasitas mesin 100 cc dan MAK Vipros 125 dengan kapasitas 125 cc.

BACA JUGA:Honda CB400, Motor Bergaya Klasik dengan Sentuhan Modern, Minat? Segini Budjetnya

Dari segi desain, motor ini sekilas mirip dengan Honda Supra X 125, namun kedua motor tersebut tidak memiliki keterkaitan apa pun dengan merek Honda.

Kedua motor ini merupakan hasil desain mandiri PT MAMI, dengan sekitar 30% komponen diproduksi sendiri oleh perusahaan, sementara 40% komponen lainnya berasal dari industri lokal dalam negeri.

Komponen yang dibuat di pabrik Yogyakarta ini mencakup knalpot, bingkai sepeda motor, tangki bensin, body cover, serta pengecatan.

BACA JUGA:Honda NXR 160 Rilis, Motor Pilihan Terbaik untuk Enduro Pemula

Sebanyak 40% komponen lainnya diambil dari berbagai industri lokal yang tersebar di Jogjakarta, termasuk komponen seperti suspensi, rem, velg, lampu, komponen elektronik, aki, gigi roda, dan stiker.

Sedangkan, komponen impor menyumbang sekitar 30% dari total komponen, yang mencakup sistem transmisi, mesin, dan kopling yang harus didatangkan dari luar negeri, terutama Tiongkok.

Walaupun sebagian komponennya masih harus diimpor, motor MAK ini berbeda dari motor-motor Tiongkok yang sempat ramai di Indonesia, di mana komponen diimpor 100% dan dirakit di Indonesia dengan metode Complete Knock Down (CKD).

BACA JUGA:WOW! Honda XRE 190 2025 Mulai Mengaspal, Motor Adventure Baru Berbodi Gagah

MAK hanya mengimpor maksimal 30% komponen, selebihnya diproduksi di dalam negeri. MAK menyediakan dua pilihan motor, yaitu Vipros X100CW dan Vipros X125CW.

Saat diluncurkan, Vipros X100CW dibanderol dengan harga Rp9,45 juta, sedangkan Vipros X125CW dijual seharga Rp9,9 juta di Yogyakarta.

Tersedia tiga pilihan warna, yaitu merah, hitam, dan biru, dengan harga yang cukup kompetitif, di bawah Rp10 juta, sehingga diharapkan terjangkau oleh masyarakat Indonesia.

BACA JUGA:Daftar Motor Matic Irit Jarang Masuk SPBU, Cocok untuk IRT yang Pengen Ngirit

Menariknya, MAK memberikan garansi mesin selama 30.000 km atau 3 tahun pemakaian. Mesin MAK sendiri mampu mencapai kecepatan maksimal 95 km/jam untuk mesin 100 cc dan 105 km/jam untuk mesin 125 cc.

Selain garansi mesin, Motor MAK juga menyediakan garansi kelistrikan selama 1 tahun atau 10.000 km serta jaminan ketersediaan suku cadang.

Kategori :