Mengigau Sebuah Fenomena Umum Terjadi, Ini Penyebabnya Menurut Ahli

Minggu 27-10-2024,08:43 WIB
Reporter : Andri Irawan
Editor : Andri Irawan

RASELNEWS.COM - Kamu pernah tidur menngigau? Ternyata hal ini fenomena yang cukup umum terjadi saat tidur.

Menurut para ahli, mengigau sebenarnya bukan masalah kesehatan yang serius. Tapi, apa jadinya kalau seseorang mengigau terus-menerus?

Mengigau adalah gangguan tidur yang biasa terjadi dan umumnya tidak berbahaya.

BACA JUGA:Waspadai Bahaya Minum Air Putih Sebelum Tidur untuk Kesehatan

Dilansir dari National Sleep Foundation, mengigau atau somniloquy adalah gangguan tidur di mana seseorang berbicara saat tidur tanpa menyadarinya.

Bentuknya bisa berupa dialog, monolog, bergumam, atau bicara hal-hal yang tidak jelas. Meski sering dianggap sepele, mengigau bisa jadi indikasi gangguan tidur yang lebih serius seperti sleep apnea, night terror, atau gangguan perilaku REM (Rapid Eye Movement).

BACA JUGA:Awas! Kurang Tidur Dapat Sebabkan Tidak Bahagia, Cemas dan Kesehatan Mental

Mengigau lebih sering terjadi pada anak-anak dan pria dewasa.

Kalau menurut laman HelloSehat, sekitar 5 persen kasus mengigau lebih sering terjadi pada anak-anak dan pria dewasa usia 25 tahun ke atas. Apakah kamu termasuk di antaranya?

Berikut Beberapa penyebab utama mengigau:

BACA JUGA:4 Makanan Ini Bisa Dikonsumsi Ketika Lapar Menjelang Tidur, Jangan Takut Berat Badan Bertambah

1. Faktor psikologis

Seseorang bisa mengigau karena tekanan emosional atau stres. Ini lebih sering terjadi pada mereka yang mengalami depresi. Jika kamu merasa kesehatan mentalmu terganggu, sebaiknya konsultasikan ke ahli, ya.

2. Kurang tidur, demam, atau obat-obatan

Tidur yang kurang, demam, atau penggunaan obat-obatan tertentu juga bisa jadi penyebab seseorang mengigau. Saat tubuh lelah atau demam tinggi, risiko mengigau akan meningkat.

BACA JUGA:Selain Baik untuk Kesehatan, Tidur Pakai Kaos Kaki Juga Bermanfaat Bagi Pasangan Suami Istri

3. Minuman beralkohol dan obat terlarang

Konsumsi alkohol atau penyalahgunaan obat-obatan terlarang juga bisa memicu seseorang mengigau. Jadi, sebaiknya hindari kebiasaan buruk ini ya, guys!

Mengigau biasanya tidak memerlukan pengobatan khusus, kecuali pada kasus tertentu. Namun, jika kamu mengigau dalam jangka waktu lama, sebaiknya tetap konsultasikan ke dokter atau psikolog.

BACA JUGA:Meski Tak Baik Bagi Kesehatan, Tidur di Lantai Memiliki 8 Keistimewaan yang Mengejutkan

Salah satu cara mencegah mengigau adalah dengan menjaga pola tidur yang teratur dan cukup. Pastikan Adan tidur pada waktu yang sama setiap hari dan hindari makanan atau minuman yang bisa mengganggu kualitas tidur, seperti makanan berat dan alkohol.

Ingat, meski mengigau terkesan sepele, jika dibiarkan bisa mengganggu tidurmu dan orang di sekitarmu. Jadi, jaga kesehatan tidurmu dan tetap semangat menjalani hari. (**)

Kategori :