Dispora Siapkan Rp2,6 Miliar Untuk Bonus Atlit

Dispora Siapkan Rp2,6 Miliar Untuk Bonus Atlit

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Bengkulu menyiapkan anggaran Rp 2,6 miliar untuk bonus atlit yang berhasil meraih medali pada PON ke – XX di Papua, yang digelar 2 – 15 Oktober 2021. Bonus tersebut akan diserahkan kepada 12 atlit peraih medali pada 18 November 2021 nanti.

Kepala Dispora Provinsi Bengkulu, Atisar Sulaiman mengatakan, seluruh atlit peraih medali bakal dipanggil pada tanggal tersebut yang bertepatan dengan HUT Provinsi Bengkulu ke–52. “Jadi seluruh atlit dan pelatih diundang semuanya pada malam syukuran HUT Provinsi itu, sekaligus pemberian bonus,” kata Atisar.

Besaran medali bagi peraih emas yakni Rp 250 juta dan juga pelatihnya Rp250 juta. Peraih medali perak Rp 150 juta dan pelatihnya Rp150 juta. Sedangkan peraih medali perunggu Rp50 juta, begitu juga pelatihnya. Atisar memastikan anggaraan itu telah tersedia dalam APBD Perubahan 2021. “Jadi bonusnya Insa Allah langsung cair,” kata Atisar.

Atisar mengatakan, pihaknya tidak mempersoalkan asal usul atlit yang meraih medali asalkan ber–KTP Bengkulu. Seperti diketahui, pada PON di Papua lalu, Bengkulu berhasil meraih 12 medali dengan rincian 1 medali emas, 4 medali perak dan 7 medali perunggu. Medali emas disumbangkan dari cabang olahraga (cabor) binaraga.

Raihan medali ini khususnya emas jauh dari target yang ditetapkan sebelumnya yakni 3 medali emas. Terkait hal ini, Atisar tetap mengapresiasi prolehan medali tersebut. “Yang paling peting adalah kondisi para atlit sehat,” katanya. Seperti diketahui, medali emas berhasil disumbangkan atlit binaraga di kelas 85 kg atas nama Putu Martika.

Adapun perak disumbang oleh cabor tenis dari nomor beregu putra dengan satu medali dan selam 2 medali masing-masing dari nomor 100 m surface kolam putra dan 50 m surface kolam putra atas nama Seroja Mutiara Abadi. Satu Perak juga disumbangkan dari atletik dari nomor 200 meter putri atas nama Hasruni.

Medali perunggu disumbang atletik di nomor lempar lembing putra Egi Padli Pranata, lari 100 meter putri Hasruni, angkat besi kelas 67 Kg putra Deni, gulat gaya bebas kelas s/d 57 Kg putra Debi Ardianto Simorangkir, karate under 55 Kg putri Lia Anjelina Saputri, muaythai waikru putri atas nama Novita Anggi Ayuni dan tenis ganda putra. (cia)

Sumber: