Seluruh Masyarakat Harus Punya Jamban

Seluruh Masyarakat Harus Punya Jamban

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN – Untuk mendukung program Indonesia sehat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Bengkulu Selatan mendorong setiap rumah memiliki jamban sehat. Sementara itu, berdasarkan data Dinkes BS saat ini masih ada warga yang belum mempunyai jamban pribadi.

Kondisi ini dikhawatirkan prilaku masyarakat buang air besar (BAB) sembarangan masih dilakukan. Oleh sebab itu, mulai tahun 2022 pihak Dinkes BS berkolaborasi dengan Dinas PMD BS untuk menjadikan seluruh rumah masyarakat di desa maupun dikelurahan memiliki jamban sehat.

“Kami berharap Pemerintah Desa bisa memfasilitasi warga yang belum memiliki jamban sehat diakomdir melalui dana desa, karena Pemerintah Kabupaten sudah mendukung prioritas penggunaan DD tahun depan salah satunya untuk kesehatan dan bisa pembuatan jamban,” ujar Kepala Dinkes BS Siswanto M.Si.

Dikatakan Siswanto, Dinkes bersama jajaran terus melakukan sosialisasi kepada mayarakata terkait pentingnya pola hidup bersih dan sehat (PHBS) serta memiliki jamban sehat untuk mewujudkan desa atau kelurahan bebas BAB sembarangan (BABS).

“Tugas kami selalu mensosialisasikan agar masyarakat beralih BAB lebih sehat, dengan memiliki jamban sehat dirumahnya, oleh sebab itu peran Pemdes sangat dibutuhkan,” pungkasnya. (one)

Sumber: