Desa Padang Berangin Raih Penghargaan Dari Kemendes PDTT

Desa Padang Berangin Raih Penghargaan Dari Kemendes PDTT

Logo Kemendes PDTT--

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Desa Padang Berangin Kecamatan Kota Manna mendapat penghargaan dari Kementerian Desa Pembangunan Daerah tertinggal, dan Transmigrasi (Kemendes PDTT). Penghargaan ini diberikan karena Desa Padang Berangin ditetapkan menjadi desa tercepat ke tiga dari seluruh desa di Indonesia menyalurkan Dana Desa (DD) tahap pertama tahun 2022. Berkat capaian ini Desa Padang Berangin mendapat tambahan DD sebesar Rp 300 juta diluar pagu DD pokok.

Camat Kota Manna, Septi Afrida, S.Sos, membenarkan hal itu. Menurutnya, prestasi tersebut merupakan sebuah kebanggan daerah yang patut dicontoh oleh wilayah desa lainnya. “Penghargaan ini sudah diterima oleh Pemdes Padang Berangin, dan mereka juga akan mendapatkan pembinaan secara khusus dalam peningkatan inovasi desa,” ujar Septi.

Diteruskan Septi, prestasi serupa bukan hanya kali ini saja diperoleh desa dibawah binaannya tersebut. Tahun 2021 lalu, Desa Pagar Dewa Kecamatan Kota Manna juga didaulat sebagai desa dengan penyaluran DD tercepat ketiga se-Indonesia. “Kelebihan yang mereka miliki untuk bisa mendapatkan prestasi ini, yakni kuatnya kekompakan aparat desa, pendamping desa hingga pihak kecamatan. Sehingga realisasi anggaran DD sangat cepat dan mudah,” kata Septi.

Atas raihan tersebut, iapun meminta agar Pemdes Padang Berangin merasa cukup dan puas hati. Sebab, kedepan akan ada lagi penilaian penyaluran DD serta transparansi penggunaan anggaran. Bagi desa yang terpilih akan diundang langung ke Kementerian Pusat dan mendapatkan penghargaan.

“Mudah-mudahan kedepan desa lain kembali menyusul. Kami (kecamatan) akan selalu mendukung desa dan membina mereka agar lebih maju lagi,” beber Septi. (rzn)

Sumber: