Banjir dan Longsor Melanda Bengkulu Selatan, Stok Bantuan Masa Panik Kurang

Banjir dan Longsor Melanda Bengkulu Selatan, Stok Bantuan Masa Panik Kurang

Air meluap hingga ke badan jalan-Rezan Okto Wesa-Rezan Okto Wesa

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Puluhan warga terdampak banjir di Desa Cinto Mandi Kecamatan Pino Raya Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), belum sepenuhnya mendapatkan bantuan dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) BS. Hal itu lantaran BPBD BS kekurangan stok bantuan masa panic yang akan disalurkan kepada para korban.

“Dari perhitungan sementara, total 34 warga Desa Cinto Mandi yang terkena bencana banjir. Mereka baru diberikan bantuan pangan seadanya, karena kami kekurangan stok bantuan masa panik. Saat ini kami masih berkoordinasi dengan BPBD Provinsi Bengkulu untuk mendapatkan stok bantuan,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD BS, Akisar Diardo, SE.

Disampaikan Akisar, dari puluhan warga terdampak bencana banjir, baru diberi bantuan makanan cepat saji, sarden, mie instan hingga susu. Namun untuk bantuan material bangunan seperti seng, kayu, hingga papan masih proses pengusulan ke Pemprov Bengkulu.

“Yang bagian rumahnya roboh itu ada satu, yakni rumah Pak Alamin. Bagian dapur rumahnya rusak karena dihantam arus banjir. Jika nanti material bangunan telah tiba, kami akan salurkan ke rumah yang bersangkutan,” sambung Akisar.

Sedangkan untuk ternak yang hilang dibawa arus banjir, Akisar mengaku juga masih memetakan nilai kerugian atas hilangnya ternak tersebut. Jika tidak ada halangan, pada Senin (4/7) nanti nominal total kerugian dampak bencana alam akan dikeluarkan secara rinci.

“Yang pastinya, sekarang ini kami terus memantau keselamatan para warga. Yang rumahnya masih terendam material lumpur dan sampah akibat banjir, juga kami bantu proses evakuasinya,” terang Akisar.

Terpisah, Sekdes Cinto Mandi, Vhera Estiana membenarkan bawah sudah ada beberapa bantuan yang disalurkan Pemkab BS terhadap warganya yang terkenan banjir tersebut. Hanya saja, bantuan lanjutan masih tetap dibutuhkan, mengingat warga desanya belum bisa beraktifitas normal pasca dilanda banjir besar.

“Dari BPBD dan Kecamatan Pino Raya sudah ada. Kami ucapkan terima kasih atas bantuannya. Mudah-mudahan bantuan ini terus bergulir dan memberikan keringan bagi warga kami yang saat ini ditimpa bencana. Terlebih untuk bagian rumahnya yang rusak,” kata Vhera. (rzn)

Sumber: