Panitia Ibadah Haji Siapkan Klinik Kesehatan Khusus untuk Jemaah

Panitia Ibadah Haji Siapkan Klinik Kesehatan Khusus untuk Jemaah

Ilustrasi jemaah umrah-istimewa-raselnews.com

RASELNEWS.COM - Untuk mendukung kelancaran ibadah puncak Haji 1443 Hijriah 2022, Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi telah menyediakan klinik khusus untuk semua jemaah haji (JH) dunia.

Klinik didirikan di berbagai titik, mulai dari dekat Mina, Muzdalifah dan Arafah.

Di fasilitas tersebut juga disiapkan para dokter ahli hingga tenaga medis yang selalu berjaga 24 jam. Nantinya semua JH yang mengalami kendala kesehatan ketika ibadah puncak haji dilakukan, langsung dirawat di klinik.

BACA JUGA:Putra Bengkulu Selatan Duduki Kursi Pimpinan MPR RI

“Jelang ibadah puncak Haji tanggal 9 Zulhijah mendatang. Persiapan tim PPIH Arab Saudi semakin maksimal. Saat ini, klinik khusus bagi JH telah didirikan di berbagai titik. JHpun secara khusus akan dilayani ketika memeriksakan kesehatan diri di klinik tersebut,” ujar Kasi Haji dan Umrah (PHU) Kantor Kemenag BS, H. Khayadi, M.HI.

Dikatakan Khayadi, di dekat klinik kesehatan tersebut juga disediakan ruang pemulihan bagi JH yang habis dirawat. Ruang pemulihan itu juga bisa digunakan sebagai tempat istirahat sementara bagi JH yang kelelahan.

“Karena di paca puncak haji nanti, ada banyak sekali rangkaian ibadah yang harus dilakukan. Makanya, PPIH telah mengantisipasi ini dengan kelengkapan fasilitas yang cukup,” sambung Khayadi.

Sementara untuk kondisi kesehatan JH asal BS, Khayadi mengaku hingga kemarin (3/7), sebanyak 59 JH BS yang diberangkatkan sejak tanggal 9 Juni lalu semuanya dalam keadaan sehat.

Tidak ada satupun JH yang terkonfirmasi sakit atau tidak bisa menjalankan ibadah secara penuh. “Alhamdulillah semua JH kita sehat. Mudah-mudahan mereka semakin sehat hingga kembali ke tanah air nanti,” ungkapnya.


Sehat

Terpisah, Kakan Kemenag Seluma, H Hariansyah, S.Ag mengatakan saat ini seluruh jemaah calon haji (JCH) asal Seluma dalam keadaan sehat. Serta seluruh JCH sebanyak 72 orang sudah berada di Mekkah, menunggu ibadah selanjutnya atau menunggu waktu Arafah pada 8 Zulhijah.

BACA JUGA:Banjir dan Longsor Melanda Bengkulu Selatan, Stok Bantuan Masa Panik Kurang

"Untuk hari ini (kemarin) kami menerima informasi bahwa seluruh JCH dalam keadaan sehat. Tidak ada yang sakit. Untuk 72 orang JCH asal Kabupaten Seluma seluruhnya sudah berada di Mekkah serta sudah selesai melaksanakan umrah. Mereka sedang menunggu waktu arafah," tegas Kakan Kemenag Seluma kemarin.

Menurutnya JCH seluruh JCH Seluma rutin dilakukan pemeriksaan kesehatan oleh tim medis yang tergabung dalam tim pembimbing haji daerah (TPHD) Provinsi Bengkulu.

Untuk memastikan seluruh kesehatan JCH asal Kabupaten Seluma. "Selain dibimbing dalam melaksanakan ibadah, semua JCH Seluma juga dilakukan pemeriksaan kesehatan secara rutin. Untuk memastikan kesehatannya. Sehingga saat ada keluhan, langsung ditangani, tapi saat ini seluruh JCH dalam keadaan sehat," tegasnya. (rzn/rwf)

Sumber: rezan okta wesa