52 Ribu Bibit Ikan Air Tawar Siap Disalurkan

52 Ribu Bibit Ikan Air Tawar Siap Disalurkan

BAGIKAN : 52 ribu ekor bibit ikan air tawar segera dibagikan Dinas Perikanan Bengkulu Selatan kepada kelompok penerima-DOK-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Dinas Perikanan (Diskan) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS), mulai mempersiapkan penyaluran 52 ribu ekor bibit ikan air tawar untuk 30 kelompok perikanan (pokkan) penerima.

Jika tidak ada halangan, puluhan ribu bibit ikan yang terdiri dari ikan lele, patin, gurame dan nila tersebut mulai disalurkan bulan Agustus mendatang.

“Masih tahap pemberkasan dan verifikasi kelompok. Kalau untuk bibitnya, siap disalurkan ketika kelengkapan berkas selesai. Mudah-mudahan agustus ini, bibit ikan air tawar tersebut sudah diterima kelompok perikanan,” ujar Kabid Perikanan Tangkap Diskan BS, Nopi Supriadi, S.Pi.

BACA JUGA:Harga Pupuk Pengaruhi Harga Cabai

Penyaluran bibit ikan dari Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI tersebut juga dibarengi dengan pemberian paket pakan atau pellet sebanyak 13 ton. Nantinya, pakan tersebut akan diberikan kepada pokkan sebagai starter dan proses pemeliharaan bibit ikan hingga masa panen.

“Sementara ini, untuk data penerima yang berhasil diverifikasi sebanyak 20 kelompok. Sisanya masih menyusul karena ada beberapa data belum lengkap,” bebernya.

Selain akan menyalurkan bantuan bibit ikan air tawar, Diskan BS juga akan menyalurkan puluhan paket alat tangkap untuk nelayan. Peralan tangkap terdiri dari jaring, box ikan, gps dan lainnya.

“Namun, khusus alat tangkap ini penyalurannya tidak serentak dengan bantuan bibit ikan. Bisa lebih cepat ataupun lebih lambat dari pembagian bibit ini nantinya,” demikian Nopi. (rzn)

Sumber: dinas perikanan bengkulu selatan