Lupa Matikan Api, Dapur Ludes Terbakar

Lupa Matikan Api, Dapur Ludes Terbakar

KEBAKARAN: Bencana kebakaran melanda rumah warga Desa Tebat Kubu Kecamatan Kota Manna, Sabtu (9/7) malam-Rezan Okto Wesa-Rezan Okto Wesa

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Rumah Karniti Listi (50), warga Jalan Samsul Bahrun Desa Tebat Kubu Kecamatan Kota Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) nyaris ludes terbakar. Peristiwa ini terjadi sekitar pukul 21.40 WIB, Sabtu (9/7).

Kebakaran diduga berasal dari dapur. Api di tungku lupa dimatikan. Akibatnya api membesar dan menyambar dapur. Kobaran api semakin membesar setelah membakar salangan punting (tumpukan kayu bakar kering).

Melihat peristiwa kebakaran itu, para tetangga dan warga sekitar lokasi berhamburan memberikan pertolongan. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini. Api berhasil dipadamkan sebelum menyambar rumah utama.

Petugas damkar yang tiba di lokasi, langsung menyiram kobaran api. Dua unit mobil damkar berhasil menjinakkan si jago merah setelah 30 menit berjibaku.

“Bencana kebakaran ini dipicu api bekas pembakaran kayu bakar di tungku masak yang lupa dipadamkan. Beruntung warga setempat cepat merespon kejadian ini dan menghubungi tim kami (damkar),” jelas Kepala Dinas Satpol-PP dan Damkar BS, Erwin Muchsin, S.Sos.

Diceritakan Erwin, sebelum kebakaran tersebut terjadi. Sore Sabtu (9/7/2022), pemilik rumah terlebih dahulu memasak makanan di tungku menggunakan api dari kayu bakar. Namun, karena kesibukan, lupa memadamkan api tungku tersebut.

Dengan kodisi bara api yang terus menyala ditambah sekitar tungku banyak kayu bakar kering bertumpukkan. Bara api menyala dan menyambar kayu bakar tersebut. “Di sekitar titik utama kebarakan memang banyak kayu bakar. Sehingga memicu api membesar,” jelas Erwin.

Erwin memastikan tidak ada anggota keluarga korban maaupun warga dan tim unya yang cedera. Tetapi korban mengalami kerugian materi yang ditaksir jutaan rupiah. “Barang-barang di dalam rumah korban tidak ada yang terbakar. Kalau untuk bantuan pasca bencana, nanti akan dikoordinasikan dengan OPD terkait,” tuntas Erwin. (rzn)

Sumber: kepala dinas satpol-pp dan damkar bs