Optimalkan Ekspor Dari Pulau Baai

Optimalkan Ekspor Dari Pulau Baai

Ilustasi Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu-radarbengkulu.com-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU - Wagub Bengkulu Rosjonsyah berjanji pemerintah akan mengoptimalkan kegiatan ekspor dari Pelabuhan Pulau Baai Bengkulu. Hal itu agar Pendapatan Asli Daerah (PAD) bisa masuk ke Provinsi Bengkulu, untuk pembiayaan pembangunan daerah.

Wagub mengatakan selama ini ekspor komoditi asli Bengkulu dilakukan dari pelabuhan daerah tetangga. Sejumlah komoditi dikirim ke luar negeri oleh para eksportir yang berasal dari luar Bengkulu, seperti Jakarta dan Lampung.

"Contohnya kopi. Padahal Bengkulu menjadi salah satu penghasil kopi yang cukup besar," kata Rosjonsyah.

BACA JUGA:Lupa Matikan Api, Dapur Ludes Terbakar

Padahal, sambung Rosjonsyah, kopi Bengkulu merupakan salah satu komoditi yang semakin dikenal luas. Bahkan kopi Bengkulu juga pernah meraih 3 prestasi di ajang kopi internasional di Perancis (AVPA).

Produksi kopi Bengkulu saat ini juga menempati urutan kelima di skala nasional. Varian kopi Sumatera yang ada di Bengkulu memiliki potensi kopi yang menjanjikan. Jika hasil ini bisa dioptimalkan, maka akan menambah pendapatan bagi daerah. "Dengan begitu, maka petani kopi juga ikut sejahtera," sambung Wagub.

Pemprov Bengkulu juga terus melakukan strategi agar dapat memanfaatkan potensi ini dengan baik.

"Mari bersama-sama berkolaborasi. Sinergi antara pemerintah, pengusaha, dan petani akan menjadi kunci sukses. Pemerintah juga mulai mengambil kebijakan ekspor melalui pelabuhan terbesar di Bengkulu," pungkasnya. (cia)

Sumber: