BREAKING NEWS: Kota Bintuhan Dikepung Banjir

BREAKING NEWS: Kota Bintuhan Dikepung Banjir

beberapa pengenda sepeda motor menerobos genangan air yang menggenangi badan jalan di Kota Bintuhan Kabupaten Kaur-julianto-raselnews.com

RASELNEWS.COM, KAUR - Hujan lebat terus menyiram Kota Bintuhan, Kabupaten Kaur dan sekitarnya, sampai pagi ini (25/7/2022). Air sudah mencapai 20 sentimeter di jalan raya Kota Bintuhan. Bahkan air sudah masuk ke beberapa rumah penduduk.

Bila hujan terus berlanjut, dikhawatirkan banjir akan meluas. Kondisi ini diperparah lantaran banyaknya saluran drainase dalam Kota Bintuhan yang mampet. "Dari subuh sudah diguyur hujan. Kami khawatir kalau terus berlanjut air bisa masuk rumah," kata Hasan (50) warga Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan Kepada Raselnews.com.

Pantauan Raselnews.com di lapangan, sepanjang jalinbar mulai, dari Desa Tanjung Besar hingga Desa Selasih Kecamatan Kaur Selatan terlihat air sudah memenuhi badan jalan. Bahkan dibeberapa titik, sepeda motor, khusus matik, sudah sulit melintas lantaran air sudah menyentuh mesin motor. Sepanjang Bahkan, sudah ada beberapa motor mogok lantaran memaksa menerobos genangan banjir.

Disisi lain, mampetnya drainase Kota Bintuhan ini salah satunya terjadi lantaran pembangunan drainase yang dilakukan dua tahun yang lalu tak kunjung selesai. Padahal saluran drainase sudah dibangun dari Kepala Pasar hingga kawasan air tube. Hanya saja, pihak ketiga yang mengerjakan pembangunan siring tak meneruskan ke muara sungai air tube. Akibatnya siring yang yang dibuat sebagai drainase hanya formalitas alias pajangan saja.

Kapolres Kaur Polda Bengkulu AKBP Dwi Agung Setyono, S.IK MH disampaikan Kapolsek Kaur Selatan AKP Edy Suprianto, SE mengaku pihaknya terus memantau perkembangan hujan yang terjadi. Diakuinya ada beberapa wilayah di daerah kerjanya yang rawan banjir, salah satunya Kota Bintuhan.

Ditambah kawasan Kecamatan Tetap yakni wilayah Babat yang juga jalurnya rawan longsor. "Alhamdulillah sampai saat ini belum ada laporan. Namun kita tetap waspada. Sebab hujan lebat masih terjadi," tutupnya. (jul)

Sumber: