Pertengahan Tahun, Sudah Puluhan Bencana Terjadi

Pertengahan Tahun, Sudah Puluhan Bencana Terjadi

KEBANJIRAN: Warga Desa Cinto Mandi Kecamatan Pino Raya mengalami bencana banjir akibat meluapnya Sungai Selali, beberapa waktu lalu-DOK-raselnews.com

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Kurun waktu Januari-Juli 2022, BPBD BS mencatat puluhan kejadian bencana melanda wilayah Bumi Sekundang Setungguan. Setidaknya terjadi 30 bencana yang terjadi.

Mulai dari empat bencana kebakaran, 11 bencana banjir, lima bencana pohon tumbang, lima bencana gempa dan sisanya bencana tanah longsor.

Meski tidak sampai menimbulkan korban jiwa, bencana yang terjadi menimbulkan kerugian material ratusan juta rupiah. “Faktor cuaca dan lainnya memengaruhi bencana yang terjadi,” ujar Kepala BPBD BS, Yarusdi, S.Sos.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Kota Bintuhan Dikepung Banjir

Jika dibanding pertengahan 2021, bencana yang terjadi memang mengalami penurunan. Namun warga tetap harus waspada, terutama memasuki musim penghujan.

“Umumnya di BS ada banyak langganan banjir, makanya warga harus waspada. Khusus banjir ini, yang paling rawan di Kecamatan Pino Raya, yakni Desa Cinto Mandi dan Telaga Dalam,” papar Yarusdi.

BACA JUGA:Banjir Hebat Juga Terjadi di Seluma

Terkait dampak bencana, Yarusdi mengklaim BPBD BS telah menyalurkan puluhan paket bantuan masa panik bagi warga terdampak bencana. Bantuan terdiri dari material bangunan termasuk makanan ringan dan pakaian.

“Mudah-mudahan kedepan bencana ini tidak semakin banyak. Karena kasihan juga masyarakat, aktivitas mereka akan terhambat jika bencana melanda,” pungkas Yarusdi. (rzn)

Sumber: kepala bpbd bengkulu selatan