Pengibaran Bendera Satu Bulan Penuh, Dimulai 1 Agustus

Pengibaran Bendera Satu Bulan Penuh, Dimulai 1 Agustus

RAPAT : Kesbangpol saat menggelar rapat terkait dengan pengibaran bendara secara virtual dengan Mendagri kemarin -julianto-raselnews.com

RASELNEWS.COM, KAUR - Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan ke-72 Republik Indonesia (RI) tanggal 17 Agustus mendatang, warga Kaur diimbau memasang bendera merah putih dan atribut lainnya selama sebulan penuh. 

Artinya pengibaran bendera ini mulai 1-31 Agustus mendatang. Hal ini disampaikan Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Kaur Noprin Aidi, S.IP M.Si usai mengikuti Rakor Persiapan HUT RI Ke-77 bersama Direktur Jendral Politik dan Pemerintahan Umum Kemendagri secara virtual di aula lantai tiga Pemda Kaur,Selasa (26/7). 

“Kita minta kepada warga Kaur agar mulai 1 Agustus nanti memasang bendera merah putih selama satu bulan penuh sampai 31 Agustus, ini dalam rangka menyemarakkan bulan kemerdekaan Republik Indonesia,”kata Noprin.

BACA JUGA:Kejari Kaur Berikan Bantuan Siswa Berprestasi

Ia menginstruksikan kepada seluruh camat agar memerintahkan Kades yang ada diwilayah kerjanya masing-masing supaya menyebarluaskan informasi pengibaran bendera merah putih kepada masyarakat di wilayah kerjanya masing-masing. Selain itu juga ia meminta kepada seluruh warga dan instansi pemerintahan maupun swasta, untuk memahami tata cara pemasangan bendera merah putih dengan benar sesuai aturan. 

Sebagai contohnya, soal waktu pengibaran atau pemasangan bendera yang tertuang dalam Pasal 7 Undang-undang Nomor 24 Tahun 2009 tentang Bendera, Bahasa, dan Lambang Negara. “Bendera dipasang sebulan penuh untuk menyemarakan bulan Kemerdekaan Ke-77 RI. Tapi jangan dibiarkan di depan rumah atau kantor selama 24 jam tanpa pernah dicopot,” terangnya.

BACA JUGA:Pemkab Kaur Dapat Kucuran Rp 56 M untuk Program Perikanan 2023

Pengibaran jutaan bendera di seluruh kota dan kabupaten se Indonesia, ini dalam rangka memastikan Perayaan HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun ini lebih meriah dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. Dimana ralam Rakor secara virtual itu juga membahas rencana pencanangan pembagian 10 juta bendera merah mutih. 

“Terkait dengan pencanangan gerakan 10 juta benderah merah putih yang digagas oleh pemerintah RI kita siap mensukseskan program 10 juta bendera berkibar di Kabupaten Kaur dalam rangka HUT RI ke 77 tahun ini,” tutupnya.(jul)

Sumber: