PKH Cair Sementara BPNT Belum Jelas

PKH Cair Sementara BPNT Belum Jelas

RASELNEWS.COM, KAUR - Awal Agustus 2022, bantuan sosial (bansos) Program Keluarga Harapan (PKH) mulai dikucurkan kepada keluarga penerima manfaat (KPM). Sedangkan Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT), malah belum direalisasikan.

Padahal pada triwulan pertama, Januari-Maret 2022, BPNT berjalan lancar penerima melakukan pencairan di Kantor Pos dengan nominal Rp 200 ribu perbulan.

BACA JUGA:Ditusuk Kakak Kelas Pelajar Asal Kaur Meninggal Dunia

Kepala Dinas Sosial (Dinsos) Kaur Ramdhanizar, SE mengkau belum mendapat kabar pasti kelanjutan program BPNT. Untuk triwulan pertama, di Kaur terdapat 3.287 KPM BPNT. Padahal pada akhir 2021 tercatat ada 8.504 KPM penerima BPNT. Sehingga terjadi pengurangan 5.217 penerima.

"Untuk BPNT ini kami belum mendapat kepastian. Apakah memang dihentikan atau seperti apa," tegas Ramdhanizar. Sedangkan untuk PKH, jumlah KPM juga mengalami penurunan. Tercatat hanya ada 6.060 KPM PKH dari data 2021 yang mencapai 6.482 KPM.

Pengurangan KPM PKH didasari hasil validasi data melalui survei pendataan ulang penerima. “Mulai dari pengecekan kondisi ekonomi dan status sosial peserta,” tutur Ramdhanizar. (jul)

Sumber: dinas sosial kaur