Musim Hujan, Waspada Penyakit Unggas!

Musim Hujan, Waspada Penyakit Unggas!

RASELNEWS.COM, BENGKULU SELATAN - Di musim penghujan dan cuaca pancaroba saat ini, Dinas Pertanian (Distan) Kabupaten Bengkulu Selatan (BS) mengimbau para peternak untuk lebih waspada. Pasalnya, hujan disertai kondisi iklim yang tak menentu yang terjadi beberapa pekan terakhir di Kabupaten  BS ini, rawan menimbulkan berbagai penyakit, baik terhadap hewan unggas maupun ternak besar. 

“Peternak harus lebih cermat dalam menangani ternaknya. Manajemen kebersihan kandang perlu ditingkatkan agar hewan ternaknya mampu bertahan di musim hujan,” ungkap Kabid Peternakan dan Kesehatan Hewan Distan BS, Yasirli, SP, MM.

Peternak juga diminta sering membersihkan kandang agar tidak terjadi kelembaban. Kotoran ternak harus sering dibersihkan. Air minum dijaga kebersihannya dan program vaksinasi jangan dilupakan. 

“Untuk ternak, kandang diupayakan ditutup rapat untuk menghindari angin kencang dan hujan. Sanitasi air harus dijaga yang baik, pakan berkualitas dan tidak kedaluarsa,” imbuh Yasirli.

Tidak hanya ternak kecil seperti hewan unggas, ternak besar seperti kerbau, sapi dan kambing juga rawan terjangkit berbagai penyakit. Menurut dia, untuk hewan unggas penyakit yang sering muncul dan perlu diwaspadai adalah cholera unggas atau berak hijau, gumboro, cronic atau penyakit pernafasan. 

“Ayam petelur dan ayam broiler yang dikandangkan saja dimungkinkan terkena penyakit berak hijau di musim hujan. Tapi jika pengawasan ditingkatkan, biosecurity bagus, ditambah multivitamin, maka ternak akan kebal terhadap virus,” demikian Yasirli. (rzn)

Sumber: