DLH Kaur Butuh Armada Sampah, Dua Truk dan Dua Motor Roda Tiga

DLH Kaur Butuh Armada Sampah, Dua Truk dan Dua Motor Roda Tiga

RASELNEWS.COM, KAUR - Dinas Linas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Kaur hingga saat ini sangat membutuhkan peremajaan armada pengakutan sampah. Pasalnya, armada yang dimiliki saat ini banyak yang rusak. 

Apalagi volume sampah di kota Bintuhan dan perkantoran di Kabupaten Kaur ini mencapai belasan ton per hari. “Kini kita butuh empat armada baru untuk mengangkut sampah, yakni dua mobil truk dan dua motor roda tiga, karena kondisi truk pengangkut sampah yang ada saat ini  sudah tidak memungkinkan,” kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaur Hendri Faizal, SE, M.Si.

Dikatakan Hendri, total armada pengangkut sampah saat ini 10 unit. Empat unit mobil dan enam unit motor roda tiga. Namun hanya satu unit truk yang bisa operasi. Sedangkan tiga unit lagi dalam kondisi rusak berat. 

Sementara Kaur ada 15 kecamatan, dan hanya satu truk pengangkut sampah setiap harinya. Untuk itu itu DLH Kaur sangat butuhkan tambahan alat kebersihan berupa truk pengangkut sampah demi menciptakan Kaur bebas dari sampah untuk mewujudkan Kaur Berseri. “Penambahan truk dan motor pengangkut sampah ini sudah sering kami usulkan dan belum terealisasi,"terangnya.

Ditambahkannya, untuk Kota Bintuhan khususnya hampir 90 persen telah tersedia Tempat Penampungan Sementara (TPS) sampah. Tidak hanya itu, penyuluhan dan pelatihan tentang pengelolaan sampah membuat bank sampah juga sudah diterapkan. Namun lagi-lagi masalahnya minimnya kesadaran masyarakat dalam membuang sampah. "Kami berharap kesadaran masyarakat akan kebersihan lingkungan terus meningkat,” harapnya.(jul)

Sumber: