Desa Muara Tetap Kabupaten Kaur Jadi Percontohan Zona Integritas

Desa Muara Tetap Kabupaten Kaur Jadi Percontohan Zona Integritas

LAUNCHING : Kanwil DJPb Provinsi Bengkulu melaunching program ZI di Desa Muara Tetap Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur, Kamis (11/8).-Rezan Okta Wesa-raselnews.com

RASELNEWS.COM, KAUR - Desa Muara Tetap Kecamatan Tetap Kabupaten Kaur menjadi salah satu desa percontohan di Kabupaten Kaur yang menerapkan Zona Integritas (ZI) Desa Anti Korupsi. 

Kepala Kanwil DJPb (Direktorat Jenderal Perbendaharaan) Provinsi Bengkulu, Syarwan, menyatakan perlunya sebuah deklarasi dari Pemerintah Desa terkait Pemberlakuan Zona Integritas untuk menghindari jajaran Pemerintah Desa dari praktik KKN serta meningkatkan kepercayaan masyarakat Desa dalam mendapatkan pelayanan dari Pemerintah Desa. DJPb juga mendorong desa-desa bisa menerapkan zona integritas (ZI) menuju wilayah bebas dari korupsi (WBK) dan wilayah birokrasi bersih dan melayani (WBBM).

“Saat ini Desa Muara Tetap Kabupaten Kaur menjadi salah satu desa yang menerapkan ZI. Desa yang berintegritas harus menerapkan transparansi dalam pengelolaan keuangan Dana Desa dan dalam pelayanan kepada masyarakat. Desa Muara Tetap ini juga nantinya menjadi contoh untuk desa-desa yang lainnya juga bisa menerapkannya,” ujar Syarwan dalam Launching Pencanangan Pembangunan Zona Integritas Desa di Balai Desa Muara Tetap, Kamis (11/8).

BACA JUGA:Harga Kelapa Sawit Di Seluma Rp 1.100 Perkilogram

Kepala Desa Muara Tetap, Saipul Amril mengungkapkan bahwa pihaknya sangat berterimakasih karena Desa Muara Tetap menjadi Desa Percontohan Zona Integritas Anti Korupsi. Ia juga mengharapkan dukungan dari perangkat desa, BPD, masyarakat desa dan seluruh pihak terkait dapat bersama saling mendukung dalam pembangunan desa.

"Dengan adanya pencanangan pembangunan ZI ini diharapkan juga dapat diberikan bimbingan tentang pengelolaan keuangan dana desa dan bagaimana menjadi desa berintegritas." ungkap Saipul Amril, Kepala Desa Muara Tetap. 

Dalam kesempatan ini juga, dilakukan pembacaan komitmen integritas desa dan penandatanganan Pakta Integritas oleh Kepala Desa Muara Tetap dan Ketua Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Muara Tetap yang disaksikan oleh Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (DJPb) Provinsi Bengkulu, Kepala KPPN Manna, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Dan Desa (DPMD), Kepala Badan Keuangan Daerah dan Inspektur Kabupaten Kaur, Camat Tetap, Danramil Kaur Selatan , Kepala Puskesmas Kaur Selatan, Kapolsek Kaur Selatan,Pendamping Desa serta para Kepala Desa se Kecamatan Tetap dan para tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh keagamaan di Desa Muara Tetap. Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat Desa serta masyarakat Desa Muara Tetap. (rzn)

Sumber: kepala kanwil djpb (direktorat jenderal perbendaharaan) provinsi bengkulu