Breaking News: Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Bengkulu

Breaking News: Gempa Magnitudo 6,5 Guncang Bengkulu

GEMPA: Ilustrasi titik Gempa bumi guncang bengkulu-BMKG-raselnews.com

RASELNEWS.COM, KAUR - Warga Kota Bengkulu, Seluma, Bengkulu Selatan dan Kaur dikejutkan gempa yang terjadi pukul 21.31 WIB, Selasa(123/8/2022). Gempa bumi dengan kekutan magnitudo (M) 6,5 itu terjadi di Kabupaten Kaur. Infomasi resmi dari BMKG, Pusat gempa berada di laut 64 kilometer barat daya Kaur pada kedalaman 12 kilometer. Titik koordinat gempa berada di 45,22 Lintang Selatan dan 102.95 Bujur Timur. Meski gunjangan yang terasa sangat kuat, tetapi gempa ini tidak berpotensi menyebabkan tsunami.

"Data yang kami terima tidak berfotensi tsunami, Alhamdulillah tak ada kerusakan yang terjadi," kata Kepala BPBD Kaur Jon Harimol, M.Si yang dihubungi Raselnewws.com pasca gempa.

BACA JUGA:Asyik Bermain Judi 3 IRT Ciduk Polisi

Pantauan Raselnews.com, di Kota Manna saat terjadi gempa sempat membuat masyarakat panik. Masyarakat berhamburan keluar rumah lantaran khawatir bangunan runtuh. Ada yang menggendong anak dan ada juga yang keluar rumah hanya menggunakan kain sarunbg.

Kondisi sama juga dialami masyarakat Kaur. Sejumlah warga mengaku getaran lantaran cemas. Sirat (50) warga Kota Bintuhan yang sedang berada di sentra kuliner Kaur mengaku melihat warga yang sedang berada di lokasi pasar malam berlari kalang kabut mencari tempat yang dianggap aman.  "Lumayan kencang, lahamdulilah tidak ada kerusakaan, kami sempat berlari ke tanah lapang tadi," kata Sirat.

Pengakuan senada disampaikan Safwan (42) warga Kecamatan Maje, saat gempa terjadi dia bersama seluruh anggota keluarganya berlari keluar rumah. Kecemasan ini wajar saja lantaran uncangan yang terjadi cukup kuat dan durasinya lumanyan lama. "Cukup kencang guncangannya, bukan cuma kami yang keluar rumah, tetangga juga ikut berlarian. Alhamdulillah tak ada yang rusak," tutupnya. (stb/jul)

Sumber: bmkg bengkulu