Seleksi PPPK di Bengkulu Selatan Fokus Honorer, Formasi Umum Bakal Gigit Jari

Seleksi PPPK di Bengkulu Selatan Fokus Honorer,  Formasi Umum Bakal Gigit Jari

ilustrasi pppk-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Adanya rencana Pemkab Bengkulu Selatan (BS) untuk melaksanakan seleksi penerimaan formasi Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja Kontrak (PPPK), akan fokus untuk penangkatan tenaga honorer.

Apalagi jika pemerintah benar-benar menghapus status tenaga honorer pada November 2023. PPPK diharapkan memberikan jaminan bagi tenaga honorer yang ada untuk tetap mengabdi.

BKPSDM BS juga telah mengusulkan 510 formasi PPPK, sesuai dengan data tenaga honorer lingkungan Pemkab BS.

BACA JUGA:Pemda Bengkulu Selatan Usulkan Ratusan Formasi PPPK

Meliputi 35 formasi tenaga teknis khusus petugas pemadam kebakaran (damkar), 100 formasi tenaga kesehatan meliputi tenaga bidan, perawat dan tenaga medis lainnya yang tersebar di Puskesmas dan rumah sakit daerah, serta 375 formasi tenaga guru.

Namun usulan formasi masih menunggu persetujuan pemerintah pusat. Jika usulan disetujui, dipastikan peluang lulusan yang mengikuti formasi umum bakal sirna.

“Untuk rencana seleksi PPPK jika disetujui tahun ini maka akan dilaksanakan akhir tahun ini. Namun jika belum disetujui, bisa saja untuk tahun depan. Tetapi semua itu masih khusus untuk formasi honorer karena formasi umum belum dibuka," ujar Kabid PIMP BKPSDM  BS, Fariq Hafis MM.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Prioritaskan 525 CPPPK Lulus Passinggrade

Disampaikan Fariq, jika seleksi PPPK dari formasi honorer disetujui, Pemkab BS akan sangat terbantu mengatasi kekurangan tenaga pegawai. Apalagi setiap tahun jumlah PNS terus berkurang karena banyaknya yang pensiun.

“Terlebih sudah cukup lama tidak ada penerimaan CPNS, kebutuhan pegawai diharapkan dapat dicukupi dengan PPPK," pungkas Fariq. 

 

Sumber: