Calon Pengantin Wajib Punya Sertifikat Elsimil

Calon Pengantin Wajib Punya Sertifikat Elsimil

PAPARKAN : Tim DP2KBP3A memberikan pemaparan terkiat dengan aplikasi Elsimil-Julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Para calon pengantin (Catin) wajib memiliki sertifikat elektronik siap nikah dan hamil (Elsimil).

Langkah ini dilakukan pemerintah pusat sampai ke daerah untuk mencegah anak gagal tumbuh atau stunting.

Termasuk Pemda Kaur menerapkan sistem ini. Pergerakan melalui Dinas Pengendalian Penduduk, Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DP2KBP3A) Kaur.

“Jadi aplikasi Elsimil ini merupakan program dari BKKBN Pusat untuk mencegah stunting, program ini sudah mulai kita terapkan di Kabupaten Kaur,” kata Kepala DP2KBP3A Kaur Diraswan, S.Sos, melalui Kabid Pengendalian Penduduk, Penyuluhan dan Pengerak Jumawarman, SE usai membuka kegiatan pelatihan aplikasi Elsimil kepada kader Tim Pendamping Keluarga (TKP), Jum’at 26 Agustus 2022.

BACA JUGA:Percepatan Penurunan Stunting Jadi Tugas Bersama

Dikatakan Jumawar, program ini bekerjasama instansi lintas sektor yakni dengan Kemenag Kaur. Diman semua calon pengantin (Catin), tiga bulan sebelum pernikahan harus mengisi pertanyaan yang ada di aplikasi Elsimil.

Ada beberapa variabel yang akan ditanyakan, seperti umur, status gizi, perilaku merokok dan berat badan. Dalam pengisian aplikasi Elsimil itu, calon pengantin juga didampingi oleh pendamping keluarga.

“Nanti Catin mengisi data Elsimil, para Catin nantinya akan mendapatkan sertifikat siap nikah dan hamil. Sehingga setiap pasangan yang mau dan sudah menikah wajib punya sertifikat ini. Nah kita minta para kader KB, PKK untuk siap mendampingi Catin melakukan pengisian Elsimil ini,” harapnya.

BACA JUGA:Tangani Stunting dan Gizi Buruk

Ia juga berharap dengan aplikasi ini dapat meningkatkan kesadaran masyarakat Kaur betapa pentingnya untuk memeriksa kesehatan secara rutin agar dengan dini mengetahui tubuh kembang anak. Sehingga angka stunting di Kabupaten Kaur ini dapat dicegah.

“Percepatan penurunan stunting di Kaur ini harus ditunjang dengan kolaborasi lintas sektor dan OPD. Harapan kita dengan program aplikasi Elsimil dan kita targetnya dibawah tahun 2030 Kaur bisa bebas dari stunting,” tutupnya.

Sumber: kepala dp2kbp3a kaur diraswan