Warga Kaur Sukses Berkebun Anggur dari Ukraina

Warga Kaur Sukses Berkebun Anggur dari Ukraina

ANGGUR : Inilah kebun anggur milik Mang Nani di Kecamatan Kaur Utara Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu-Julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM  - Warga Desa Bandu Agung Kecamatan Kaur Utara Kecamatan Kaur Utara Kabupaten kaur Provinsi Bengkulu Kurhani (54) sukses berkebun anggur di desanya.

Ada empat jenis anggur yang ditanam. Tiga diantaranya asli anggur dari Negara Ukraine. Bibitnya didatangkan langsung dari negara yang berada di benua erova itu.

Saat ini kebun anggur milik Mang Nani sapaan akrab Kurhani sudah mulai berbuah sejak 1,5 bulan lalu.

Setiap hari kebun anggur Mang Nani ini ramai dikunjungi masyarakat yang ingin rekreasi, sekaligus membeli anggur langsung dari pohonnya.

Pengunjung yang masuk ke dalam perkebunan akan mendapat harga khusus saat ingin membeli buah anggur. Yakni Rp120 ribu perkilogram. Bagi orang yang hanya ingin membeli anggur dan tidak mau masuk ke area perkebunan harga Rp150 ribu perkilogram.

Diceritakan Mang Nani, awal mula di berkebun anggur ini atas permintaan anaknya yang bekerja di salah satu bank di Jakarta.

Kemudian anaknya ini memiliki kenalan dengan orang Ukraine. Kemudian dibuatlah kesepakatan kerjasama.

Orang Ukraine langsung mengirimkan bibit anggur untuk ditanam di Kaur sebagai uji coba. Oleh Mang Nani bibit itu ditanam sekitar 6 bulan lalu.

BACA JUGA:Ini Daftar Duta Wisata Kaur

 Kemudian tanaman berkembang dengan baik dan sejak 1,5 bulan terakhir sudah menghasilkan buah dan kualitasnya juga bagus.

Kedepan Mang Nani berencana akan membuka kebun anggur yang lebih luas di Desanya. Saat ini lahan sudah disiapkan. Sesuai kesepakatan bibit anggur nantinya akan dipasok langsung dari Ukraine.

Hasil perkebunan nantinya juga akan dijual kembali kepada pihak yang menyediakan bibit dengan harga Rp400 ribu perkilogram di Ukraine.
 
"Kalau kebun yang ada saat ini belum terlalu luas. Kami jadikan objek wisata saja dan dibuka untuk umum. Tapi kalau mau berkunjung harus booking waktu dan tempat terlebih dahulu. Sebab lokasinya sempit," ujar Kemawati (50) istri Mang Nani kepada Raselnews.com, Sabtu 27 Agustus.

Untuk mencapai lokasi perkebunan anggur Mang Nani ini tidak sulit. Aksesnya juga lancar.

BACA JUGA:20 Finalis Rebut Duta Pariwisata Kaur

Jika menggunakan kendaraan bermotor, hanya membutuhkan waktu sekitar 15 menit dari Simpang Tiga Tanjung Kemuning Kabupaten Kaur.

Dari pantauan Raselnews.com, kebun anggur milik Mang Nani ini dikandang menggunakan plastik bening.

Bagian atasnya juga ditutup menggunakan bahan yang sama. Tujuannya untuk mencegah tiupan angin kencang dan masuknya serangga ke dalam kebun.

Melihat dari kebunnya saat ini Mang Nani optimis perkebunan anggur bisa dikembangkan dengan baik di Kabupaten Kaur. Buahnya juga lebat. Satu tangkai buah ada yang beratnya mencapai 1 kilogram.

Batangnya juga subur, jika dirawat dengan baik diyakini umur tanaman anggur di kaur bisa mencapai tahunan.

Sumber: pemilik kebun anggur di kaur mang nani