Banjir dan Longsor Tetap Hantui Kaur, Drainase Perlu Diperlebar

Banjir dan Longsor Tetap Hantui Kaur, Drainase Perlu Diperlebar

Bupati Kaur bersama Kapolres Kaur memantau salah satu titik banjir-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Hujan yang mengguyur wilayah Kaur pada Senin hingga kemarin (29-30/8/2022), mengakibatkan beberapa titik jalan di wilayah Kaur tertimbun longsor, hingga menutupi badan jalan, dan mengakibatkan sejumlah rumah warga Desa Selika 1 Kecamatan Tanjung Kemuning dan ruang ICU RSUD Kaur terendam banjir.

Tidak ada korban jiwa. Namun berbagai peralatan elektronik warga rusak akibat terendam banjir.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Banjir Hantam RSUD Kaur, Pasien Diungsikan

“Untuk banjir di ruang ICU RSUD Kaur tadi (Senin) malam, itu karena siring RSUD tidak mampu menampung luapan air. Jadi menyebabkan air meluap ke ruang ICU,” kata Direktur RSUD Kaur dr. Leppi Agung Wahyudi saat mendampingi Bupati Kaur H. Lismidianto saat memantau lokasi terdampak banjir, Selasa (30/8).

Banjir yang melanda RSUD Kaur dan puluhan rumah warga Desa Selika 1 Kecamatan Tanjung Kemuning lantaran drainase tidak berfungsi dengan baik.

Debit hujan yang terlalu tinggi membuat pemukiman terendam sedalam 50 sentimeter.

BACA JUGA:BREAKING NEWS: Tiga Rumah di Keban Jati Terendam Banjir

Sementara itu, longsor terjadi di Tebing Seranjangan Desa Tanjung Iman II Kecamatan Tanjung Kemuning dan di perbatasan Kecamatan Luas-Muara Sahung.

Longsor menyebabkan akses menuju Muara Sahung dan Oku Sumatera Selatan lumpuh.

“Badan jalan penghubung Kecamatan Luas dan Muara Sahung itu kini menyempit. Karena sebagian badan jalan longsor akibat hujan. Untuk akses jalan kini hanya bisa dilalui oleh kendaraan roda dua,” ungkap Kapolsek Kaur Tengah Iptu Amrillah, Selasa (30/8).

Bupati Kaur H. Lismidanto bersama Kapolres Kaur AKBP Dwi Agung Setyono, SIK, MH dan beberapa pejabat daerah langsung memantau lokasi terdampak banjir dan longsor.

Untuk mengatasi banjir, Bupati berharap adanya perbaikan drainase dapat dilakukan.

“Kita upayakan kedepan saluran drainase seperti di RSUD Kaur ini dikeruk dan diperlebar lagi agar tidak terkena banjir. Saya juga mengajak warga untuk membersihkan sampah pada siring, agar mencegah luapan air agar tidak banjir,” imbau Bupati.

BACA JUGA: Hujan Deras sembilan Desa di Kaur Terendam Banjir

Ditambahkan Kapolres, beberapa daerah di Kaur sangat rentan terkena banjir ketika intensitas hujan tinggi. Terutama daerah di bantaran sungai dan daerah dataran rendah lainnya.

“Tingkatkan kewaspadaan terhadap dampak yang ditimbulkan oleh hujan dengan intensitas tinggi dan angin kencang. Jadi harus waspada,” ungkap Kapolres. (jul)

 

Sumber: