BREAKING NEWS : Kaur Digoyang Gempa Lagi, Warga Was-was

BREAKING NEWS : Kaur Digoyang Gempa Lagi, Warga Was-was

Titik koordinat gempa di Kabupaten Kaur-Julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Dalam dua Minggu terakhir Kaur sudah dua kali digoyang gempa.

Kali ini kekuatannya hanya 5,1 magnitudo terjadi pada pukul 15:52:16 WIB.

Lokasinya 4.91 Lintang Selatan (LS), 102.92 Bujur Timur (BT) atau 49 km Barat Daya Kaur Bengkulu dengan kedalaman 20 KM.

Meski getarannya tidak terlalu kencang dan kuat dirasakan warga, namun warga Kaur mulai was-was.

Sebab warga khawatir gempa susulan kembali terjadi dengan kekuatan lebih dahsyat.

Terlebih sebelumnya BMKG Bengkulu sempat membuat keterangan yang sedikit menakutkan warga pesisir.

Pantauan Raselnews.com satu jam pascagempa, belum ada laporan dari warga adanya kerusakan insfratruktur akibat goncangan gempa itu.

Saat gempa terjadi sejumlah warga sudah memilih keluar rumah untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

"Sempat terasa namun Alhamdulillah tak begitu lama, Alhamdulillah tidak ada kerusakan," ujar Deny (30) warga Kota Bintuhan kepada Raselnews.com.

Goncangan gempa ini membuat warga mulai khawatir. Terlebih sampai kemarin sore tidak ada imbauan dari BMKG atau BPBD Provinsi Bengkulu terkait dengan kemungkinan akan adanya gempa susulan.

Warga hanya mengandalkan aplikasi BMKG yang beberapa menit setelah gempa merilis 'TIDAK BERPOTENSI TSUNAMI'.

Bila berkaca dengan gempa yang terjadi sebelumnya pada Selasa (23/8) sekitar pukul 21.31 WIB, sejumla  warga Kaur banyak memilih meninggalkan rumah terutama warga yang berada di kawasan pesisir.

Warga khawatir terjadi gempa susulan lebih dahsyat hingga menyebabkan tsunami.

"Kami masih menunggu infomasi dari BPBD atau BMKG bila ada potensi mungkin kembali ngungsi," ujar Iwan (39) warga yang tinggal di daerah pesisir Kecamatan Kaur Selatan kepada Raselnews.com.

Sehari pascagempa sebelumnya, banyak warga yang berada didaerah pesisir yang memilih ngungsi menginap di rumah warga dataran tinggi.

Apalagi sempat heboh adanya informasi potensi gempa lebih besar dan bisa menyebabkan tsunami. Nah dengan adanya gempa lagi seperti belum lama ini tidak menutup kemungkinan warga kembali mengungsi malam ini.

Mengingat tidak ada jaminan kalau tidak bakal terjadi tsunami dari instansi yang berkompeten seperti dari BMKG atau BPBD. (jul)

Sumber: