Puluhan Pemuda Kaur Dilatih Tenun 'Delamak'

Puluhan Pemuda Kaur Dilatih Tenun 'Delamak'

TENUN: Para milinial berlatih menenun di kawasan Sentra Kuliner-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Dinas Koperasi, Usaha Kecil Menengah, Perindustrian dan Perdagangan (Diskop-UKM dan Prindag) Kaur memberikan pelatihan keterampilan tenun kepada puluhan pemuda di Kaur.

Setidaknya 20 pemuda diberi pelatihan untuk menjadi penenun dan melestarikan kain tenun khas Kaur yang dinamakan Delamak.

“Pelatihan menenun akan dilaksanakan selama lima hari. Ini diberikan agar para pemuda Kaur bisa berkarya dan mengembangkan kain Delemak milik Kaur,” kata Kepala Diskop-UKM dan Perindang Kaur, Agusman Efedi, SE, MM, saat membuka pelatihan tenun di Gedung Sentra Kuliner Bintuhan, Senin 12 September 2022.

BACA JUGA:Tak Aktif, Dua Koperasi di Kaur Diusulkan Ditutup

Bengkulu memiliki kain tenun Delamak asal Kaur. Namun dengan berjalannya waktu, Tenun Delamak tertinggal oleh Batik Besurek. Tenun Delamak dan Ambin Dogan asli khas Bengkulu dinilai mulai punah.

Untuk itu, pelatihan menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM) diharapkan dapat melestarikan kembali Tenun Delamak khas Kaur.

“Dengan pelatihan ini, kami berharap Tenun Delamak dihidupkan kembali agar sejajar dengan tenun-tenun terkenal dari wilayah lain di seluruh nusantara,” harap Agusman.

Peserta yang mengikuti pelatihan, 10 peserta laki-laki dan 10 peserta perempuan. Dalam pelatihan peserta akan diajarkan tata cara menenun dan bahan benang yang digunakan. Sedangkan untuk pelatih atau instruktur, didatangkan dari Dinas Koperindag-UKM Provinsi Bengkulu. (jul)

Sumber: kepala diskop-ukm dan perindang kaur