Alhamdulillah...Harga Kelapa Sawit Ditetapkan Rp1.979 per Kg

Alhamdulillah...Harga Kelapa Sawit Ditetapkan Rp1.979 per Kg

ANTRE : Beginilah kondisi antrean truk pengangkut TBS. Foto diambil beberapa waktu lalu-Julianto-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit terbaru di Bengkulu telah ditetapkan, Rabu, 14 September 2022.

Di mana, Untuk dua minggu ke depan harga Tandan Buah Segar (TBS) sawit di tingkat pabrik dalam wilayah Bengkulu ditetapkan Rp1.979 per kilogram.

Dengan toleransi 5 persen atau sebesar Rp1.880 per kilogram. Harga yang ditetapkan ini mengalami kenaikan dari penetapan sebelumnya yang hanya Rp1.675.

BACA JUGA:Harga TBS: Turun Cepat dan Banyak, Naik Lambat

Hal ini disampaikan Kepala Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, Ricky Gunarwan setelah menggelar rapat penetapan harga TBS sawit, Rabu, 14 September 2022.

"Hari ini harga TBS di tingkat pabrik di Rp1.979  dengan toleransi 5 persen di Rp1.880. Untuk harga terendah Rp1.698 dan harga tertinggi Rp2.060," sampainya.

Disampaikannya, penetapan tersebut sesuai dengan invoice penjualan Perusahaan Kelapa Sawit (PKS) yang dikirimkan ke pihaknya.

Dari 32 PKS yang ada di Provinsi Bengkulu, hanya 3 perusahaan yang mengirimkan invoice. Namun harga ini lebih tinggi dari penetapan harga sebelumnya.

BACA JUGA:Harga TBS Kelapa Sawit Merangkak Naik

"Harga kali ini naik jika dibandingkan harga kemarin yang di Rp1.675, saat ini di harga Rp1.880. Semoga ini terus meningkat ke depannya," katanya.

Lanjutnya, dalam rapat penetapan harga TBS sawit kali ini, harga cangkang buah sawit akan menjadi penilaian penjualan dan jadi bagian untuk penetapan harga TBS ke depannya.

"Pada rapat tadi diminta agar harga cangkang sudah dimasukkan jadi bagian penetapan harga TBS. Namun untuk harga cangkang nanti akan ada berita acaranya sendiri di luar penetapan harga TBS," demikian Ricky. (**)

Sumber: rakyatbengkulu.com