Formasi ASN PPPK Segera Ditetapkan

Formasi ASN PPPK Segera Ditetapkan

ilustrasi pppk-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM – Formasi penerimaan ASN Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (PPPK) per daerah segera ditetapkan oleh Panselnas PPPK pusat.

Hal ini ditandai dengan digelarnya rekonsilidasi dan rapat perencanaan seleksi PPPK tahap III tahun 2022 di Hotel Grand Sahid Jaya Jakarta, Kamis – Sabtu (22-24/9/2022).

Kasi PTK Dikdas Bidang PTK Disdikbud BS, Iwan Irawan, S.E, M.M membenarkan hal itu. Menurutnya ada empat perwakilan Disdikbud BS yang diundang dalam rekonsilidasi tersebut.

Yakni, Kadisdibud BS, Novianto, S.Sos, M.Si, Kasi PTK Kebudayaan, Dian Harizon, S.Pd, Korwas serta perwakilan Kepala Sekolah (Kepsek).

BACA JUGA:Formasi PPPK 2022 untuk Tenaga Teknis Minim, Ini Menurut MenPAN-RB

“Perwakilan Dinas Dikbud Bengkulu Selatan telah berangkat ke Jakarta sore ini (kemarin) untuk mendengarkan hasil rekon. Rekon ini untuk menetapkan formasi sekaligus jadwal seleksi PPPK tahap III atau lanjutan dari tahun lalu,” ujarnya dikonfirmasi Raselnews.com Kamis (22/9/2022).

Dijelaskan Iwan, secara khusus seleksi PPPK tahap III ini tetap mengutamakan peserta yang sebelumnya tidak lolos seleksi I dan II. Hal ini untuk memberikan kesempatan bagi para guru honorer yang telah lama menanti untuk diangkat menjadi ASN.

“BS masih tersisa 240 formasi yang belum terisi pasca seleksi PPPK I dan II, semua formasi ini adalah guru sekolah. Maka itu, jika nanti ada tambahan formasi dari panselnas, tentu ini lebih baik,” jelas Iwan.

Masih kata Iwan, kesempatan mengikuti seleksi tahap III merupakan peluang terakhir bagi peserta PPPK yang telah tergabung sejak seleksi pertama lalu.

BACA JUGA:Seleksi PPPK di Bengkulu Selatan Fokus Honorer, Formasi Umum Bakal Gigit Jari

Karena, di tahun depan teknis dan metode seleksi PPPK kemungkinan besar mengalami perubahan. 

“Dari informasi awal yang kami dapat, teknis seleksi tahap III ini masih sama dengan seleksi I dan II, yakni sistem CAT dan sesi. Kemudian, tetap ada pertimbangan bagi honorer K-II ataupun honorer yang punya serdik,” jelasnya.

Sementara untuk total honorer guru dan tenaga kependidikan yang terdaftar di Dapodik, sejauh ini tercatat 780 orang. Jumlah ini diklaim telah memenuhi syarat untuk bisa ikut seleksi PPPK di masa yang akan datang.

“Jika dilihat dari skop nasional, masih tersedia 349.000 formasi PPPK yang belum terisi. Artinya, peluang honorer Bengkulu Selatan menduduki posisi ini terbuka luas. Namun demikian, perlu persiapan matang agar hasil seleksi tidak mengecewakan,” harapnya. (rzn)

Sumber: