Armada Kurang, Sampah Menumpuk

Armada Kurang, Sampah Menumpuk

Ilustrasi Stop Buang Sampah Sembarangan-DOK-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kaur Hendry Faizal SE, Msi mengaku kekurangan armada pengangkut sampah, khususnya kendaraan roda tiga yang mengangkut sampah di kawasan pemukiman warga.

Akibatnya, tidak jarang warga mengeluhkan sampah yang menumpuk, namun belum diangkut petugas.

“Saat ini armada truk pengangkut masih terbatas, hanya tinggal satu unit truk pengangkut sampah. Kondisi truk ini juga sudah tidak layak,” beber Henry.

BACA JUGA:Video Seorang Pria Membuang Sampah di Pantai Pasar Bawah Beredar, Gusnan: Apakah Kenal Orang Ini?

Untuk truk sampah yang sangat dibutuhkan, sambung Henry, yakni motor roda tiga. Sebab keberadaan pengangkut sampah motor roda tiga dinilai bisa mengakses pemukiman warga secara cepat.

Apalagi sampah di daerah itu kebanyakan sampah rumah tangga. “Saat ini armada motor roda tiga yang ada sudah rusak. Yang masih berfungsi hanya satu truk sampah saja,” ujar Henry.

Ia berharap pada APBD 2023 mendatang dapat menambah armada pengangkut sampah. idealnya, satu kecamatan memiliki satu armada pengangkut sampah.

BACA JUGA:2030, Bengkulu Bebas Sampah

Artinya DLH Kaur membutuhkan setidaknya 15 unit armada truk pengangkut sampah untuk menjangkau setiap kecamatan yang ada di Kaur.

“Meski dengan yang ada kami tetap berusaha mengoptimalkan penanganan sampah. Tapi jelas kekurangan armada pengangkut ini sangat menyulitkan kami. Masyarakat juga diharapkan dapat membuang sampah di penampungan yang tersedia agar pemudahkan petugas melakukan pengangkutan,” harap Henry. (jul)

Sumber: