Datangi PT SAP, DPRD Kaur Sorot Asal Tenaga Kerja

Datangi PT SAP, DPRD Kaur Sorot Asal Tenaga Kerja

KUNJUNGAN : Komisi I DPRD Kaur saat melakukan sidak di salah satu tambak udang Kecamatan Maje-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Komisi I DPRD Kaur yang dipimpin Denny Setiawan, SH kembali menggelar kunjungan mendadak (Sidak).

Kali ini mendatangi tambak udang yang sedang panen besar yakni PT Sentosa Adi Prima (SAP) di Desa Parda Suka Kecamatan Maje.

Kunjungan pada Kamis (29/9/2022) itu hasilnya komisi I menemukan beberapa persoalan. Salah satunya tenaga kerja yang banyak didatangkan dari luar saat panen hingga berbagai masalah lain.

BACA JUGA:Tolak Tambak Udang, Emak-emak Ancam Demo

Meski begitu pihaknya memberikan apresiasi dengan petambak yang sudah mengelola limbah cukup baik, sehingga tingkat pencemarannya dapat ditekan.

Komisi I meminta pihak PT SAP dapat terus berbenah sehingga tak ada masalah nantinya di lapangan.

"Harapan kami kedepan terus berbenah, terutama selama tenaga kerja diminta untuk memperkerjakan warga lokal dan tentunya juga diminta untuk memberikan dana CSR sesuai dengan mekanisme kepada daerah," ujar Denny selaku Ketua Komisi I.

Sementara anggota komisi lain yakni Samsul Fajri dari PDI Perjuangan menyesalkan sikap PT SAP yang dianggapnya banyak mendatangkan tenaga kerja luar daerah saat panen berlangsung.

BACA JUGA:Warga Desak Periksa Instalasi Limbah Tambak Udang

Seharusnya dalam kegiatan itu melibatkan warga lokal, sehingga memberikan dampak positif dengan pihak masyarakat setempat.

"Saya kecewa atas sikap PT SAP yang memperkerjakan orang luar saat panen berlangsung," ujarnya.

Diketahui dalam sidak Kamis (29/9) itu, tim Komisi I DPRD Kaur tiba-tiba datang saat PT SAP sedang melakukan panen raya udang.

Tim langsung mengecek jumlah tenaga kerja yang sedang panen, termasuk juga melihat limbah dan sistem pengolahan tambak udang PT SAP, yang dalam beberapa bulan ini sedang dirudung masalah lantaran aksi protes ibu-ibu, yang mengaku tak mendapatkan kompensasi dari keberadaan tambak yang dekat dengan pemukiman warga. (jul)

Sumber: