Bupati Kaur Ajak Petani Kembangkan Talas Beneng

Bupati Kaur Ajak Petani Kembangkan Talas Beneng

PERDANA: Bupati Kaur panen perdana Talas Beneng di Kecamatan Padang Guci Hulu-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Bupati Kaur H. Lismidianto mengajak masyarakat Bumi Sease Seijean dapat membudidayakan tanaman talas beneng.

Komoditas ini dinilai sangat mudah ditanam dan dapat mendongkrak perekonomian masyarakat. Apalagi lahan pertanian yang dibutuhkan tidak terlalu memakan tempat.

Hal itu disampaikan Bupati saat mengikuti panen perdana talas beneng di Desa Naga Rantai Kecamatan Padang Guci Hulu (Pagulu), Senin (10/10).

“Selama ini kita hanya bergantung pada satu komoditas pertanian, padahal ada satu tanaman komoditas ekspor yang bisa ditanam masyarakat seperti talas beneng ini,” kata Bupati.

BACA JUGA:Bupati Kaur Ingatkan Mobil Pusling Jangan Disalahgunakan

Pengembangan talas beneng dilakukan Kementerian Pertanian sebagai alternatif pangan selain beras. Kaur melalui PT. Al Baba menggandeng mitra usaha dalam pengembangan talas beneng. Bahkan pabrik talas beneng telah didirikan di wilayah Bengkulu Selatan untuk menampung hasil panen warga.

“Saya mengajak petani Kaur dapat mengembangkan talas beneng untuk menambah pendapatan. Masyarakat tidak perlu ragu untuk menjual talas beneng ini, karena PT. Al Baba sudah siap menampungnya,” sambung Bupati.

Sementara itu, Direktur PT. Al Baba, Rahman Idi, yang hadir dalam kegiatan panen perdana talas beneng di Desa Naga Rantai mengaku potensi komoditi ini sangat menjanjikan. Sebab tanaman ini bisa dimanfaatkan dari daun, batang hingga ubinya.

“Talas beneng ini sudah dikembangkan di empat kabupaten. Bengkulu Tengah, Seluma, BS dan Kaur. Kami siap menampung hasil produksi talas beneng dari petani,” tutupnya. (jul)

Sumber: bupati kaur