Sekolah Rusak Karena Bencana Bisa Langsung Rehab

Sekolah Rusak Karena Bencana Bisa Langsung Rehab

Ilustrasi sekolah rusak di Bengkulu Selatan-rezan okto wesa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Kepala Sub Bagian Perencanaan, Pelaporan dan Evaluasi (PPE) Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Dikbud) Bengkulu Selatan (BS), Yen September, S.Pd.I mengatakan, bangunan maupun fasilitas sekolah yang rusak terkena bencana alam bisa langsung diberikan bantuan tanggap bencana atau rehab.

Syarat utama yakni kepala sekolah bersangkutan segera mengirim serta pengajuan rehab kepada Dinas Dikbud BS. Misalnya rusak akibat dampak bencana alam banjir, longsor, pohon tumbang ataupun bencana lainnya.

“Sekolah rusak terkena bencana bisa mengajukan permohonan bantuan dengan cara terlebih dahulu membuat surat permohonan dengan bapak Bupati. Kemudian, dalam surat tersebut, tembuskan ke Dinas Dikbud BS,” ujar Yen.

BACA JUGA:Belasan Gedung Sekolah di Bengkulu Selatan Dibongkar

Setelah surat tersebut dikirimkan, tim akan bergerak mengecek kondisi di lapangan. Kemudian, bentuk bantuan yang diberikan akan disesuaikan dengan dampak kerusakan yang dialami.

“Kalau di BPBD itu ada dana tanggap bencana, begitupun dengan kami selagi anggaran masih tersedia. Maka bantuan akan direalisasikan,” sambung Yen.

Namun, untuk lebih bagusnya lagi jelas dia, sekolah tersebut harus menginput data ke pangkalan data pokok pendidikan (Dapodik) pada periode mendatang.

BACA JUGA:Dua Pelajar SMA Bengkulu Selatan Ditangkap di Sekolah, Kasusnya Berat

Sehingga, melalui data yang diinput tersebut, dapat dimasukkan dalam rencana pembangunan yang dianggarkan melalui dana alokasi khusus (DAK) pendidikan yang bersumber dari Kemendikbud RI.

“Memang kejadian bencana alam ini tidak bisa kita duga dengan cepat. Untuk itu, peran sekolah juga harus cepat melaporkan dengan kami jika ada kejadian,” pungkasnya. (rzn)

Sumber: