BPBD Bengkulu Selatan Tambah 100 Paket Bantuan Masa Panik

BPBD Bengkulu Selatan Tambah 100 Paket Bantuan Masa Panik

Ilustrasi bantuan korban banjir-DOK-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Bengkulu Selatan (BS) kembali menambah stok bantuan masa panik untuk warga terdampak bencana alam.

Terbaru, ada 100 paket bantuan yang masuk ke gudang logistik BPBD.

Paket terdiri dari alat masak, pakaian, kayu reng, seng, makanan ringan serta air bersih didatangkan dari BPBD Provinsi Bengkulu.

Paket bantuan akan disalurkan jika ada warga yang terdampak bencana alam.

BACA JUGA:BPBD Bengkulu Selatan Siapkan Posko Siaga Bencana

“Usulan tambahan paket bantuan ke Provinsi Bengkulu telah disetujui dan barangnya telah kami terima. Atas tambahan paket ini, sekarang stok bantuan masa panik di BPBD melimpah,” ujar Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD BS, Akisar Diardi, S.E.

Akisar mengaku stok bantuan masa panik tidak boleh dibiarkan kosong. Apalagi BMKG telah menginformasikan potensi bencana alam berupa banjir dan longsor di penghujung 2022.

“Bantuan ini akan terus bertambah, dari daerah melalui anggaran APBD-P juga telah disetujui. Jika nanti anggarannya masuk, maka stok bantuan masa panik akan lebih banyak lagi,” bebernya.

Selain menambah stok bantuan masa panik, BPBD BS juga menambah peralatan perlindungan diri petugas dan alat evakuasi pasca bencana alam. Ini dilakukan agar evakuasi korban bencana alam berjalan lancar.

BACA JUGA:BPBD Bengkulu Selatan Usulkan Bantuan Pangan Siap Saji

“Petugas kami selalu siap 24 jam penuh, makanya kinerja petugas juga harus didukung peralatan yang baik. Kamipun telah merencanakan pembangunan posko pemantau di beberapa wilayah rawan terjadi bencana alam,” jelas Akisar.

Di sisi lain, BPBD BS juga gencar melakukan sosialisasi serta pelatihan kesiapsiagaan penanggulangan bencana di desa. Saat terjadi bencana alam, masyarakat diharapkan tidak panik dan dapat menyelamatkan diri masing-masing. (rzn)

Sumber: bpbd bengkulu selatan