Desa Linau Diusulkan Jadi Smart Fisheries Village

Desa Linau Diusulkan Jadi Smart Fisheries Village

KUNJUNGAN : Tim kementrian saat berkunjung ke Desa Linau Kecamatan Maje -julianto-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Tahun ini Dinas Perikanan Kabupaten Kaur melakukan pendampingan di Desa Linau Kecamatan Maje yang merupakan bakal calon lokasi Smart Fisheries Village, program dari Kementrian Kelautan dan Perikanan (KKP) RI.

Pendampingan itu dilakukan beberpa hari yang lalu tepatnya Jum'at (28/10). Kegiatan dipusatkan di Balai Desa Linau tersebut dengan melibatkan kelompok penangkap gurita, kelompok pengumpul gurita, kelompok pengolahan gurita dan koperasi nelayan yang ada di desa Linau.

Kepala Badan Riset dan Sumber Daya Manusia Kelautan dan Perikanan (BRSDM) KKP RI Melalui Plt. Kepala Balai Riset Perikanan Perairan Umum & Penyuluhan Perikanan (BRPPUPP) Palembang Dr. Risky Antoni dalam sambutannya mengatakan Program SMART Fisheries Village merupakan konsep pembangunan desa perikanan berbasis penerapan teknologi informasi, komunikasi dan manajemen tepat guna berkelanjutan untuk meningkatkan ekonomi masyarakat desa.

BACA JUGA:Ratusan Pengunjung Pantai Linau Dibubarkan

“Jadi SMART Fisheries Village juga merupakan model pengembangan desa perikanan pintar secara terintegrasi dengan berkolaborasi bersama banyak pihak terkait yaitu pemerintah pusat dan daerah, akademisi, industri, serta masyarakat," Ujar Risky.

Pihaknya menjelaskan, Desa Linau merupakan salah satu bakal calon SFV yang mewakili dari daerah pesisir dengan mengusung potensi gurita. Selain menjadi ikon Kabupaten Kaur, gurita memiliki kekhasan tersendiri terutama di Kaur. "Linau ini cocok dengan program yang akan kita luncurkan. Potensi guritanya sangat tinggi, sangat baik untuk dikembangkan," ucapnya.

Sementara itu, Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Kaur Robby Antomi, S.Pi, M.Si mengatakan potensi gurita yang selama ini sudah dikelola dengan baik dari hulu dan hilir mendapatkan intervensi dari program SFV ini sehingga komoditi gurita ini dapat meningkatkan kesejahteraan rakyat Kabupaten Kaur. (jul)

Sumber: kepala badan riset dan sumber daya manusia kelautan dan perikanan