Dua Jalan di Bengkulu Diusulkan Jadi Jalan Nasional

Dua Jalan di Bengkulu Diusulkan Jadi Jalan Nasional

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah-DOK-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Dua jalan di Provinsi Bengkulu diusulkan menjadi jalan nasional. Jalan yang diusulkan oleh Pemerintah Provinsi Bengkulu menjadi jalan nasional adalah jalan simpang Polwan Muara Aman - Simpang Air Dingin Curup dan Tanjung Iman Muara Sahung air tembok batas Sumatera Selatan.

Gubernur Bengkulu, Rohidin Mersyah mengatakan, usulan anggaran itu dilakukan mempertimbangkan APBD Provinsi yang sangat minim, sehingga perlu didukung anggaran pemerintah Pusat. "Kita usulkan agar berbagi anggaran (dengan pusat)," kata Gubernur, Selasa (15/11).

Gubernur mengakui, kondisi APBD Provinsi Bengkulu yang sangat minim, tidak bisa mengakomodir kerusakan jalan yang ada.

Sedangkan banyak kondisi jalan yang rusak. Perbaikan anggaran bisa dilakukan secara bertahap namun banyak jalan yang menbutuhkan perbaikan segera. "Kita baru usulkan itu dan masih menunggu hasilnya," kata Gubernur.

BACA JUGA:Dulu Diusulkan Jadi Jalan Nasional. Kini Ajukan Jadi Jalan Kabupaten

Plt Kepala Dinas PUPR Provinsi Bengkulu, Teji Suroso mengatakan, dari panjang jalan Provinsi sepanjang 1.500 lebih sebanyak 40 dalam keadaan rusak berat.

Anggaran yang dibutuhkan untuk perbaikan jalan itu sekitar Rp30 sampai Rp40 Miliar. "Hanya 60 persennya dalam keadaan baik, sedangkan anggaran kita sangat minim," kata Tejo.

Menurut Tejo, untuk satu kilometer jalan, anggaran perbaikannya standarnya. Namum  membutuhkan sekitar Rp50 juta. Pihaknya mengusulkan anggaran pemeliharaan jalan bisa menimgkat dari tahun ini yang hanya sekitar Rp1,2 Miliar saja.

"Kita berharap anggarannya tahun depan meningkat, karena tahun ini dialihkan untuk penangana Covid - 19," pungkasnya. (cia)

Sumber: gubernur bnegkulu