Bupati bengkulu Selatan Minta Desa Fasilitasi Pembangunan Sanitasi

Bupati bengkulu Selatan Minta Desa Fasilitasi Pembangunan Sanitasi

ARAHAN : Bupati Gusnan Mulyadi memberi arahan dalam rapat percepatan target pembangunan air minum dan sanitasi aman-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi meminta seluruh kepala desa memfasilitasi pembangunan sanitasi di desa masing masing.

Terutama masyarakat yang belum memiliki fasilitas Mandi Cuci Kakus (MCK) yang sehat, agar bisa dibantu anggaran.

Pemerintah desa diminta memfasilitasi pembangunan sanitasi di desa masing masing dengan memanfaatkan Dana Desa.

Pernyataan ini disampaikan Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi saat menggelar program Bupati Injiak Ngantor di Dusun/Desa (Buji’an Dusun).

BACA JUGA:Lapor Pak…WC Tak Berfungsi, Atap Jebol : Murid SDN 88 Terpaksa Mengungsi

Dikatakan Gusnan, mewujudkan sanitasi yang baik menjadi hal yang sangat krusial dalam menentukan kualitas kesehatan.

Dengan sanitasi dan ketersediaan air bersih yang cukup akan memberikan dampak baik pada jaminan kesehatan masyarakat.

Untuk mewujudkan Kabupaten Bengkulu Selatan sehat, berbagai upaya terus dilakukan Pemkab BS termasuk mewujudkan desa ODF (Open Defecation Free) atau desa bebas buang air besar sembarangan (BABS).

Sejauh ini belum sampai 50 persen desa di Bengkulu Selatan sudah  menerapkan Sanitasi Total Berbasis Masyarakat (STBM) sebagai desa ODF.

“Saya mengharapkan peran serta pemerintah desa, mewujudkan sanitasi yang bersih dan aman bagi warga melalui anggaran Dana Desa (DD), karena ini sangat membantu pemerintah dalam mewujudkan desa ODF,” kata Gusnan Mulyadi, Kamis (17/11).

BACA JUGA:Menuju Bengkulu Selatan Sehat Perbanyak Desa ODF

Dikatakan Gusnan, program STBM mendukung mewujudkan desa bebas buang air besar sembarangan atau desa ODF, dengan pengelolaan air dan makanan yang standar kesehatan, dengan sanitasi yang baik dapat menentukan kualitas kesehatan. "Lingkungan bersih akan terhindar dari berbagai macam penyakit,” terang Gusnan.

Kenyataan saat ini masih ada warga Bengkulu Selatan yang Buang Air Besar Sembarangan (BABS). Hal ini, masih terjadi pada warga di beberapa desa di wilayah Kecamatan Air Nipis dan beberapa wilayah Kecamatan lainnya.

Atas dasar inilah Bupati bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi mengharapkan pemerintah desa memfasilitasi pembangunan sanitasi. Kedepan jangan sampai ada lagi warga yang buang air besar sembarang tempat. (one)

Sumber: bupati bengkulu selatan