Jelang Natal dan Tahun Baru, Jaga Stabilitas Harga Sembako

Jelang Natal dan Tahun Baru, Jaga Stabilitas Harga Sembako

Bupati Bengkulu Selatan, Gusnan Mulyadi-istimewa-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Jelang perayaan Natal dan tahun baru 2023, Bupati Bengkulu Selatan Gusnan Mulyadi mengingatkan semua pihak terutama tim pengendalian inflasi daerah (TPID) selalu menjaga stabilitas harga bahan-bahan pokok.

Karena menjelang perayaan Natal dan tahun baru (Nataru), biasanya permintaan masyarakat akan sembilan bahan pokok (Sembako) naik. Kondisi ini dapat memicu terjadinya inflasi.

Untuk mengendalikan inflasi ini, semua pihak terutama tim pengendali inflasi daerah harus melakukan pemantauan dan sinkronisasi program pengendalian inflasi.

Apalagi saat Rapat Koordinasi nasional (Rakornas) pengendalian inflasi daerah beberapa waktu lalu, Bupati Gusnan Mulyadi, telah menyampaikan 6 upaya konkrit yang akan dilakukan dalam penanganan inflasi.

BACA JUGA:Inflasi, 4 OPD di Bengkulu Selatan Dapat Kucuran Rp2,8 Miliar

Yaitu melaksanakan operasi pasar murah, melaksanakan sidak ke pasar dan distributor, melaksanakan kerjasama dengan daerah penghasil komoditi untuk kelancaran pasokan, melaksanakan gerakan menanam, merealisasikan Belanja Tidak Terduga (BTT) untuk memberikan dukungan terhadap pengendalian inflasi serta memberikan dukungan transportasi dari APBD Pemda.

6 upaya itu harus benar benar dilakukan sesuai rencana agar laju inflasi bisa dikendalikan.

“Dalam upaya pengendalian inflasi daerah, diharapkan TPID dan OPD teknis terus melakukan pemantauan rutin, jika ada kenaikan harga bisa dengan cepat dilakukan langkah-langkah yang tepat,” ujar Gusnan Mulyadi.

BACA JUGA:Tekan Inflasi, Pelaku UMKM Diberi Bantuan Sembako

Disampaikan Gusnan, selain itu sesuai arahan dari Kementerian Perdagangan pada Rakornas beberapa waktu lalu, seluruh Pemda bekerja sama dengan Bulog dalam rangka menjaga Ketersediaan Pasokan dan Stabilitas Harga (KPSH) terhadap barang-barang kebutuhan pokok.

Pihak Kementerian Perdagangan juga menyampaikan beberapa hal yang berkaitan dengan potensi peningkatan harga yang perlu diwaspadai, misalnya pada komoditi minyak goreng yang perlu dilakukan peningkatan pengawasan terhadap distribusi di daerah. (one)

Sumber: bupati bengkulu selatan