Pemerintah Provinsi Bengkulu Salurkan Bantuan Tabung Gas

Pemerintah Provinsi Bengkulu Salurkan Bantuan Tabung Gas

GRATIS: Gubernur menyerahkan tabung gas gratis kepada penerima-Lisa Rosari-raselnews.com

BENGKULU, RASELNEWS.COM - Pemerintah Provinsi Bengkulu membagikan tabung gas kepada masyarakat.

Senin, 5 Desember 2022 tabung gas gratis sudah disalurkan kepada penerima di Kabupaten Bengkulu Tengah dan Bengkulu Utara.

Sedangkan untuk kabupaten lain rencananya akan disalurkan tahun depan. Masing-masing kabupaten menerima 100 tabung gas LPG 3 Kg.

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu, Ir. Mulyani mengatakan bantuan tabung gratis itu akan dilanjutkan tahun depan. “Nanti pengelolaannya dilanjutkan Dinas Sosial," kata Mulyani, Senin (5/12).

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Bagikan Tabung Gas 3 Kg Gratis di 10 Kabupaten/Kota, Ini Calon Penerimanya

Penerimanya juga akan berbeda dengan tahun ini. Bantuan gas elpiji akan diberikan kepada warga tidak mampu yang belum pernah mendapat bantuan gas dari pemerintah. Sasaran penyaluran bantuan gas elpiji berdasarkan data warga tidak mampu dari Dinas Sosial Provinsi Bengkulu.

Terkait penyerahan bantuan tahun ini, Mulyani mengaku pekan ini difokuskan ke wilayah utara. Sedangkan pada pekan kedua Desember, akan dilanjutkan untuk warga Bengkulu Selatan dan Kaur.

Penyerahan tabung gas gratis ini bersamaan dengan penyerahan program listrik gratis oleh Gubernur Bengkulu. "Semua masyarakat yang terdata akan menerima," pungkas Mulyani.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Revisi HET Tabung Gas Subsidi

Sementara itu, Pemprov Bengkulu memastikan ketersediaan LPG 3 kg dan Bahan Bakar Minyak (BBM) cukup untuk memenuhi kebutuhan masyarakat hingga akhir 2022.

Bengkulu telah mendapatkan tambahan BBM bersubsidi jenis solar sebanyak 6.000 Kiloliter (KL).

Kepala Dinas ESDM Provinsi Bengkulu Ir. Mulyani mengkau pihaknya sudah berkoordinasi dengan Pertamina dan memastikan ketersediaan BBM dan gas gas elpiji cukup hingga akhir tahun.

"Kalau tambahan tidak ada, karena untuk tabung gas elpiji cukup hingga akhir 2022," tegas Mulyani, Senin (5/12).

BACA JUGA:Bantuan Tabung Gas Untuk Daerah Terpencil

Untuk memastikan kuota solar dan pertalite tetap terjaga hingga akhir tahun, pengawasan penyaluran akan dilakukan secara ketat. Hal itu agar penyaluran BBM bersubsidi dapat tepat sasaran.

Khususnya menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru) yang diprediksi akan mengalami lonjakan konsumsi BBM.

"Dengan kuota yang ada, pendistribusiannya diatur Pertamina. Kuota yang ada harusnya cukup," sambung Mulyani.

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Siapkan 1000 Tabung Gas Gratis

Sebelumnya, Asisten II Setda Provinsi Bengkulu, Fachriza Razie mengatakan Pemprov Bengkulu terus berkoordinasi untuk memastikan keamanan pasokan Gas LPG 3 Kg di Provinsi Bengkulu. Salah satunya dengan melakukan sidak ke pangkalan penyalur gas LPG.

"Pemerintah akan terus melakukan pengecekan ke lapangan. Kami pastikan ketersediaan gas LPG dapat terpenuhi,” ungkap Fachriza. (cia)

Sumber: kepala dinas esdm provinsi bengkulu