Tes PPK, KPU KAUR Janji Transparan

Tes PPK, KPU KAUR Janji Transparan

CAT : Pelaksanaan tes PPK yang dilakukan secara CAT di SMAN 1 Kaur -julianto-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kaur berjanji hasil tes tertulis berbasis Computer Assisted Test (CAT) bagi calon anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu 2024 dilakukan secara akuntabel dan transparan.

Hal itu dapat dibuktikan dengan langsung munculnya nilai hasil tes peserta setelah tahap seleksi.

“Jadi Tes PPK ini kita lakukan secara transparan, karena ujian ini kita lakukan secara CAT dan seluruh peserta mengetahui hasil ujiannya masing-masing,” kata Ketua KPU Kaur Yuhardi S.IP, MM, ditemui disela-sela tes tertulis PPK secara CAT di SMAN 1 Kaur, Kamis (8/12).

BACA JUGA:Ini Nama-nama Calon Anggota PPK Bengkulu Selatan yang Berhak Ikut Tes Wawancara, Kok Lebih?

Dikatakan Yuhardi, pelaksanaan tes PPK ini diawasi langsung oleh pihak Polres Kaur, Bawaslu Kaur dan KPU Provinsi Bengkulu. Setelah seleksi tertulis, masing-masing peserta sudah bisa mengetahui sendiri hasil nilai yang mereka peroleh.

Hal ini sebagai bentuk transparansi dalam seleksi PPK, agar yang tersaring adalah benar-benar yang memiliki kemampuan.

“Untuk peserta yang lolos admistrasi itu ada 226 orang dan kita belum tahu berapa yang hadir dan tidak hadir. Karena ini tes kita bagi empat sesi dan setiap sesi itu 30 orang. Untuk peserta yang dinyatakan lulus seleksi tertulis, lanjutnya, akan mengikuti seleksi wawancara kita gelar 11 hingga 13 Desember nanti,” terangnya.

BACA JUGA:PPKM Level 1 Seluruh Indonesia Diperpanjang Hingga 9 Januari 2023, Termasuk Bengkulu

Sementara itu, Ketua KPU Provinsi Bengkulu Irwan Saputra S.Ag, MM di sela-sela kegiatan monitoring pelaksanaan tes PPK Kabupaten Kaur menyampaikan, pelaksanaan tes tertulis CAT calon PPK di Kaur berjalan tanpa ada kendala. Menurutnya seleksi tertulis melalui sistem CAT menjadi salah satu tahapan perekrutan PPK.

Dimana kelebihan dari CAT, hasilnya bisa dilihat ketika seluruh peserta selesai seleksi tertulis. “Tes CAT PPK ini bukan saja dilakukan di Kaur, tapi ini di seluruh Indonesia. Tes CAT ini dilakukan agar masyarakat puas dan tidak ada kecurigaan akan hasil tes PPK, ini merupakan bentuk transparan KPU dalam merekrut calon PPK,” jelasnya. (jul)

Sumber: ketua kpu kaur