Perencanaan Pembangunan di Bengkulu Selatan Libatkan Forum Anak

Perencanaan Pembangunan di Bengkulu Selatan Libatkan Forum Anak

KUNJUNGI : Forum Anak Raflesia Selatan bersama DPPKBP3A melakukan kunjungan kerja mengunjungi rumah anak difabel, Bappeda-Litbang, Dikbud dan Cabdin Dikbud Wilayah III Bengkulu Selatan-Wawan Suryadi-raselnews.com

BENGKULU SELATAN, RASELNEWS.COM - Dalam rangka memperingati Hari Disabilitas Internasional yang jatuh pada tanggal 3 Desember 2022 lalu.

Dinas Pengendalian Penduduk Keluarga Berencana, Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (DPPKBP3A) Bengkulu Selatan menggandeng Forum Anak Raflesia Selatan melakukan serangkaian kegiatan. Salah satunya yakni menggelar Penyampaian Suara Anak.

Dari hasil kegiatan tersebut, rencananya ke depan forum anak akan diikuti sertakan dalam perancangan pembangunan daerah.
Kepala Dinas PPKBP3A Bengkulu Selatan, Ferry Kusnadi, SE menyebutkan, DPPKBP3A dan Forum Anak Raflesia Selatan mengunjungi tiga OPD di lingkungan Pemda Bengkulu Selatan.

BACA JUGA:Larang Anaknya Berusia 12 Tahun Pacaran, Ibu Ini Justru Dilaporkan ke Polisi

Diantaranya, Badan Perencanaan Pembangunan Daerah, Penelitian dan Pengembangan (Bappeda-Litbang) BS, Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) BS  dan Kepala Cabang Dinas Wilayah III Bengkulu Selatan.

Kemudian mengunjungi rumah anak-anak difabel. Hasil kunjungan dan penyampaian suara anak, ke depan anak akan andil dan berpartisipasi dalam pembangunan daerah.

"Ada enam poin penting yang disampaikan pada kegiatan Suara Anak yakni, partisipasi anak dalam pembangunan, fasilitas umum/anak ramah difabel, mewujudkan pendidikan inklusi bebas bullying.

Lalu, layanan reproduksi ramah anak dan difabel untuk mewujudkan generasi bebas stunting dan kekerasan seksual, fasilitasi potensi anak dan ruang publik edukatif bagi anak," sebut Ferry.

BACA JUGA:Ini Cara Atasi Anak Kecanduan Bermain Game Online

Terpisah, Kepala Bappeda-Litbang Bengkulu Selatan, Fikri Al Jauhari, S.STP, MM dalam dialognya mengatakan, ke depan forum anak dipastikan akan dilibatkan dalam proses perencanaan pembangunan di Bengkulu Selatan.

Pihaknya, sangat mendukung penuh kegiatan yang digelar pihak DPPKBP3A dan Forum Anak Raflesia Selatan. "Kami menerima dengan sangat baik terkait penyampaian suara anak. Kami (Pemkab BS) juga mengapresiasi dengan memastikan bahwa suara anak yang disampaikan akan ditindaklanjuti," tandasnya. (one)

Sumber: kepala dppkbp3a bengkulu selatan