Musim Hujan, Kaur Sering Dilanda Banjir, Ini Desa yang Jadi Langganan

Musim Hujan, Kaur Sering Dilanda Banjir, Ini Desa yang Jadi Langganan

BANJIR: Desa Kepala Pasar menjadi salah satu daerah langganan banjir ketika hujan turun-julianto-raselnews.com

KAUR, RASELNEWS.COM - Saat hujan turun dengan intensitas lama, ada desa saja di Kabupaten Kaur Provinsi Bengkulu yang dilanda banjir.

Salah satunya adalah Desa Kepala Pasar Kecamatan Kaur Selatan. Penyebabnya klasik, drainase di pinggir jalan sudah tertutup. Akibatnya saat hujan deras turun, air tidak bisa mengalir dan merendam pemukiman. ditambah lagi jalan lebih tinggi dari pemukiman.

“Setiap hujan, kami selalu langganan banjir. Pasalnya tidak ada drainase untuk menampung dan mengalirkan air hujan,” ujar Sirat (43), warga Desa Kepala Pasar kepada Raselnews.com, Senin (26/12).

BACA JUGA:Korban Banjir di Bengkulu Selatan Dibantu Belasan Ton Beras

Warga sudah berupaya membuat saluran air di bahu jalan secara swadaya. Tetapi upaya ini belum juga menjadi solusi. Saat hujan deras, saluran yang dibuat masyarakat tidak mampu menampung mengalirkan air dalam jumlah besar. Akibatnya air masih meluap dan mengalir ke pemukiman.

“Kami berharap pemerintah bisa membangun drainase di pinggir jalan sepanjang pemukiman,” kata Sirat.

Sementara itu, Kepala Desa Kepala Pasar Roni Agusman mengaku sudah beberapa kali menyampaikan laporan kepada Pemerintah Kabupaten Kaur. Usulan pembangunan drainase juga sudah disampaikan. "Mudah-mudahan drainase dapat dibangun," kata Kades.

BACA JUGA:Waspada, Kaur Masih Rawan Banjir dan Tanah Longsor

Kades menjelaskan, satu satunya solusi untuk menangani banjir ini adalah pembangunan drainase. Selama drainase tidak dibangun, maka persoalan banjir yang melanda pemukiman warga Desa Kepala Pasar tidak akan selesai. Karena penyumbang utama air yang merendam pemukiman selama ini berasal dari jalan. (jul)

Sumber: kepala desa kepala pasar